Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Harga Minyak Goreng Mahal, Cak Imin: Ini Tak Bisa Dibiarkan, Kasihan Rakyat Kecil

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 11 Januari 2022, 15:25 WIB
Harga Minyak Goreng Mahal, Cak Imin: Ini Tak Bisa Dibiarkan, Kasihan Rakyat Kecil
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar/Net
RMOL. Harga minyak goreng yang meroket beberapa hari terakhir ini ini membuat para emak-emak, dan pedagang kecil menjerit. Pasalnya, minyak goreng merupakan bahan pokok baik untuk konsumsi sendiri maupun UMKM.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Bahkan, puluhan ribu pemilik warteg yang tergabung dalam komunitas Warteg Nusantara mengancam akan mengancam mau menaikkan barang dagangannya jika sampai akhir bulan ini harga minyak goreng tidak kunjung turun.

Wakil Ketua DPR Bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar mengatakan melambungnya harga minyak goreng yang sudah berlangsung cukup lama, sejak beberapa bulan terakhir, sangat memberatkan usaka kecil mikro dan menengah (UMKM), termasuk ibu-ibu rumah tangga.

”Saya mendapatkan banyak keluhan masyarakat mengenai mahalnya harga minyak goreng ini. Ini aneh karena momentum Natal dan Tahun baru juga sudah lewat, tapi kok hingga saat ini harga minyak gioreng masih cukup tinggi,” kata Cak Imin kepada wartawan, Selasa (11/1).

Saat ini, harga minyak goreng eceran rata-rata sekitar Rp20.900. Namun, harga di sejumlah daerah berbeda-beda, ada yang tembus Rp25.000-26.000/kg.

Cak Imin mengatakan bahwa mahalnya harga minyak ini memang dipengaruhi harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) internasional. Kendati begitu, harus ada solusi cepat agar harga minyak goreng kembali stabil. Misalnya dengan operasi pasar atau langkah-langkah strategis lainnya.

”Ini tidak bisa dibiarkan terlalu lama, kasihan rakyat kecil. Mereka baru mencoba bangkit setelah lama hidup dalam kesulitan karena pandemi, ini baru mencoba bangkit sudah harus dihadapkan pada masalah mahalnya harga minyak goreng. Mohon pemerintah segera mengambil Tindakan nyata yang bisa menekan harga minyak goreng,” tegasnya.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menyampaikan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk segera menstabilkan harga minyak goreng di dalam negeri harus segera ditindaklanjuti oleh Menteri Perdagangan.

"Pokoknya ini harus dicarikan solusi secepat mungkin agar rakyat tidak terlampau lama kesulitan harena harga minyak goreng,” tutupnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA