Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Lampung, KPU Mulai Sosialisasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 11 Januari 2022, 22:05 WIB
Di Lampung, KPU Mulai Sosialisasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung melakukan sosialisasi PKPU Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik/Ist
rmol news logo Sosialisasi terus dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait PKPU 5/2021 tentang Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik KPU dan PKPU tentang Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan.

Di Lampung, KPU Provinsi Lampung bahkan turut meluncurkan tiga aplikasi secara serentak, yakni Aplikasi SIAP (Sistem Informasi Absensi Pegawai), Aplikasi e-Resepsionis dan Aplikasi e-RPP (Rumah Pintar Pemilu).

Komisioner KPU RI, Viryan Aziz mengapresiasi KPU Lampung yang telah mewujudkan kerja berkemajuan memanfaatkan teknologi dalam rangka mempersiapkan Pemilu 2024 sejak dini.

Dia juga mengajak beralih dari yang semula konvensional menjadi digital. Terutama perkembangan teknologi yang terus berkembang untuk mendukung pemilu mendatang

"Pandemi Covid-19 menjadi berkah sendiri bagi perkembangan teknologi di lingkungan KPU, dulu rapat dilaksankan langsung dengan tatap muka sekarang dapat melalui daring," kata Viryan diberitakan Kantor Berita RMOLLampung, Selasa (11/1).

Komisioner KPU Lampung, Antoniyus menambahkan, aplikasi SIAP merupakan inovasi absensi finger print berbasis android yang digunakan untuk menekan penyebaran Covid-19.

Aplikasi ini diterapkan bagi seluruh ASN KPU Lampung dan KPU Kabupaten Kota dengan menggunakan fitur check in menggunakan pengambilan foto dan pengisian jadwal.

Aplikasi ini juga dipantau GPS sehingga posisi ASN yang terjadwal WFH, WFO dan dinas luar dapat terklarifikasi secara otomatis.

"e-Resepsionis adalah buku tamu digital. Jadi ketika datang ke KPU, tamu tidak perlu menulis nama dan tanda tangan secara manual, langsung scan barcode dan akan terekam datanya di KPU," jelasnya.

Sementara itu, aplikasi e-RPP Rumah Pintar Pemilu menyediakan informasi tentang demokrasi dan kepemiluan serta aktivitas keseharian KPU Lampung secara digital.

e-RPP juga menyajikan Peraturan dan Keputusan KPU yang telah diintegrasikan dengan JDIH KPU Lampung. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA