Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gelar Natal Nasional di Kota Padang, Begini Penjelasan Ketum GAMKI Willem Wandik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Rabu, 12 Januari 2022, 03:05 WIB
Gelar Natal Nasional di Kota Padang, Begini Penjelasan Ketum GAMKI Willem Wandik
GAMKI menggelar perayaan natal nasional di Kota Padang, Sumatera Barat, Sabtu (8/1)/RMOL
rmol news logo Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) menyatakan akan terus konsisten mendukung kemerdekaan Palestina.

Ketua Umum DPP GAMKI Willem Wandik menyatakan, selama puluhan tahun pihaknya menyuarakan bahwa Pemerintah dan Rakyat Indonesia mendukung penuh kemerdekaan Palestina.

Willem Wandik menjelaskan, masalah Palestina-Israel bukanlah persoalan agama semata. Kata politisi Partai Demokrat itu, konflik Palestina Israel merupakan masalah kemanusiaan.

“Persoalan Palestina-Israel bukan persoalan agama tertentu saja, melainkan persoalan kemanusiaan yang menjadi tanggung jawab kita bersama,” ujar Wandik, Selasa (11/1).

Willem Wandik mengatakan, pandangan ini ia sampaikan saat perayaan Natal Nasional di Kota Padang, Sumatera Barat, Sabtu lalu (8/1).

Ia mengaku memilih Kota Padang untuk dapat melihat dan merasakan langsung bagaimana keberagaman hidup beragama di Sumatera Barat dan Kota Padang yang dijalani oleh masyarakat lokal dengan humanis.

"Meski mayoritas masyarakat Minang beragama Islam, namun masyarakat tidak memperbolehkan kasus penindasan atau pengucilan terhadap agama lain. Masyarakat memahami kemajemukan dan toleransi tidak dalam bingkai teoritis tetapi lebih kepada makna praktis dan aplikatif," kata Wandik.

Menurut Wandik, hal yang sama juga dapat kita rasakan ketika berada di Papua, Maluku Sulawesi, Sumatera Utara, dan daerah-daerah lainnya. Banyak masyarakat Minang yang merantau dan bekerja di sana, dan dapat hidup damai dengan suku dan agama lainnya.

"Itulah wujud Indonesia yang kita cita-citakan. Tidak membeda-bedakan agama, melainkan bersatu untuk mencapai kesejahteraan bersama," tegas Wandik yang juga merupakan anggota DPR RI dari dapil Papua ini.

Wandik juga menceritakan, kehadiran Dubes Palestina untuk pertama kalinya ke Sumatera Barat, disambut baik oleh masyarakat dan pemerintah Kota Padang serta pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

"Dalam pertemuan antara Duta Besar, dan Universitas Negeri Andalas, disepakati akan ada kerjasama program beasiswa untuk pemuda-pemudi Palestina. Begitu juga dengan Gubernur Sumatera Barat dan  Walikota Padang, telah disepakati akan ada kerjasama dengan Palestina dalam bidang pendidikan, teknologi, agama, sosial budaya, dan lainnya," ujar Willem Wandik yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat.

Ia juga mendukung program Kemenag dalam menjalankan tahun toleransi di 2022 ini. Dukungan itu, ia mulai dengan mengadakan natal nasional di Kota Padang, Sumatera Barat,

"Keluarga besar GAMKI sangat bangga serta terharu atas kehadiran tulus dan ucapan Selamat Natal secara langsung dari Wamenag dan Dubes Palestina," pungkasnya.

Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun dan Wakil Menteri Agama (Wamenag), Zainut Tauhid Sa'adi datang secara khusus ke Kota Padang, Sumatera Barat untuk menghadiri perayaan Natal Nasional Pemuda Indonesia Tahun 2021 yang digelar GAMKI.

Selain itu, turut hadir Wakil Ketua Umum DPP GAMKI Sherly Wattimena, Wakil Ketua Umum DPP GAMKI Ronny Talapessy, Sekretaris Umum DPP GAMKI Sahat Sinurat, Ketua DPD GAMKI Sumatera Barat Yonathan Sirait, Ketua DPC GAMKI Padang Chandra Waruwu, dan pemuda Kristen Sumatera Barat.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA