Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

IBSW Puji KSP Moeldoko Laksanakan Arahan Jokowi Atasi Stunting

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 12 Januari 2022, 22:51 WIB
IBSW Puji KSP Moeldoko Laksanakan Arahan Jokowi Atasi Stunting
Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko/RMOL
Langkah Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko menjalankan perintah Presiden Joko Widodo terkait percepatan penurunan angka kekerdilan atau stunting patut diapresiasi.

Apresiasi itu salah satunya datang dari Direktur Eksekutif Indonesia Bureaucracy and Service Watch (IBSW), Nova Andika.

Kata Nova, langkah Moeldoko sebagaimana fungsi KSP yang memiliki tugas memberi dukungan kepada presiden dan wakil presiden dalam melaksanakan program-program prioritas nasional.

"Saya mengapresiasi peran KSP Moeldoko telah menjalankan fungsinya yaitu memastikan agar program-program prioritas nasional sesuai dengan visi misi presiden, termasuk dalam hal ini memastikan agar program penurunan angka stunting pada tahun 2024 bisa mencapai 14 persen," ujar Nova dalam keterangannya, Rabu (12/1).

Nova menyampaikan, persoalan stunting harus serius diatasi karena berkaitan dengan kualitas bonus demografi yang diperkirakan akan dirasakan Indonesia pada tahun 2030.

"Presiden Jokowi sangat menaruh perhatian terhadap penurunan stunting demi kualitas sumber daya manusia (SDM) di masa mendatang. Untuk itu, Moeldoko yang memiliki peran besar dalam menjembatani lintas kementerian/lembaga telah memberikan peran signifikan bagi berjalan lancarnya program pemerintahan saat ini," terangnya.

Belakangan KSP Moeldoko nampak rajin turun ke berbagai daerah untuk memantau langsung penerapan program menekan angka stunting ini agar betul-betul tepat sasaran.

Salah satunya, saat Moeldoko melakukan kunjungan kerja di Sumba Timur pada Kamis (6/1) lalu, ia mengajak seluruh elemen masyarakat ikut terlibat dalam percepatan penurunan angka stunting di Indonesia.

"Presiden sangat concern dengan stunting. Karena itu mari kita bersama-sama turunkan angka stunting di Indonesia sesuai fungsi dan perannya masing-masing," katanya.

ARTIKEL LAINNYA