Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Target Ditetapkan Bulan Ini, KPU Kebut Sempurnakan Detail Jadwal Pemilu Opsi Februari 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 13 Januari 2022, 14:20 WIB
Target Ditetapkan Bulan Ini, KPU Kebut Sempurnakan Detail Jadwal Pemilu Opsi Februari 2024
Ketua KPU, Ilham Saputra/Net
rmol news logo Penetapan jadwal pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2024 ditargetkan selesai  pada bulan ini. Sebabnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus melaksanakan tahapan Pemilu paling lambat 20 bulan sebelum hari H pencoblosan.

Ketua KPU, Ilham Saputra mengatakan, pihaknya saat ini tengah mendalami opsi pelaksanaan Pemilu pada 21 Februari 2024.

Tanggal hari pencoblosan Pemilu lima kotak tersebut merupakan gagasan KPU yang sedari awal sudah disepakati Tim Kerja Bersama Mei 2021 yang lalu.

Tim Kerja Bersama tersebut dibentuk pada 15 Maret 2021 yang di dalamnya terdiri dari Komisi II DPR RI, Kementerian Dalam Negeri, KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Akan tetapi pada September 2021 DPR menggelar rapat bersama Kemendagri, KPU, Bawaslu dan DKPP, saat itu muncul opsi lain dari pihak pemerintah yang menginginkan jadwal Pemilu digelar pada April atau Mei 2024.

Ilham menegaskan, hingga saat ini pihaknya masih berpegang teguh dengan opsi 21 Februari 2024, sementara untuk Pilkada tetap digelar 27 November 2024 sesuai ketentuan di dalam UU 10/2016 tentang Pilkada.

"Kita sedang terus mempelajari dan menyempurnakan detail tahapan yang sudah kami usulkan," ujar Ilham kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (13/1).

Hingga saat ini, Ilham optimistis opsi 21 Februari 2024 sebagai hari H pencoblosan Pemilu Serentak 2024 akan ditetapkan, dan mendapat kesepakatan dari semua pihak terkait.

"Ya (optimistis). Sampai saat ini usulan kita sebagaimana yang sudah dibahas sebelumnya," katanya.

Sayangnya, hingga saat ini KPU sama sekali belum mendapat sinyal positif dari pemerintah maupun DPR RI untuk membahas mengenai jadwal Pemilu Serentak 2024 dalam rapat kerja bersama di parlemen.

"Sampai saat ini kami belum mendapatkan undangan," demikian Ilham. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA