Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Inovatif, Ganjar Dorong Aplikasi Pengolahan Sampah Banyumas Direplikasi Daerah Lain

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 13 Januari 2022, 14:32 WIB
Inovatif, Ganjar Dorong Aplikasi Pengolahan Sampah Banyumas Direplikasi Daerah Lain
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo/Net
rmol news logo Aplikasi daur ulang sampah dengan konsep ojek online, Jeknyong diresmikan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Ganjar berharap aplikasi tersebut berjalan baik dan direplikasi di kabupaten lain di Jawa Tengah.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Kita ingin melihat praktiknya, harapannya nantinya bisa berjalan dan lebih baik pengelolaannya. Kalau baik akan tak tiru (di daerah lain)," kata Ganjar dalam keterangan tertulisnya, Kamis (13/1).

Aplikasi Jeknyong yang diluncurkan mengintegrasikan layanan daur ulang sampah, ojek reguler, wisata, dan jual beli produk UMKM. Dalam peluncurannya, fitur Ide Baru Memilah Sampah (IBMS) merupakan fitur pertama yang dapat digunakan.

Sebagai armadanya, digunakan sepeda motor roda tiga untuk menjemput sampah yang dipilah masyarakat.

Ganjar menjelaskan, pada dasarnya beberapa daerah lain di Jateng telah menggunakan konsep jemput bola yang sama meski tidak menggunakan aplikasi, seperti halnya di Semarang, Solo, dan Salatiga.

"Yang susah itu memilah dan membiasakan untuk mau lapor apa enggak. Itu tidak gampang lho, karena kadang-kadang masyarakat pikir, 'ah cuma dikit'," ujarnya.

Jeknyong dikembangkan seorang anak muda di Banjarnegara yang juga hasil dari juara startup Jateng. Akan tetapi, lingkupnya dinilai masih terlalu kecil untuk unit bisnis.

"Kalau ini se-Banyumas mungkin lebih bagus lagi. Kalau ini bisa dibesarkan sebenarnya bisa teritorinya tidak lagi pada teritori pemerintah daerah, ini bisa melebar se-Banyumas Raya," tutup Ganjar. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA