Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menko Airlangga: Pemerintah Dukung Kewirausahaan Melalui Berbagai Inkubasi Bisnis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 14 Januari 2022, 15:27 WIB
Menko Airlangga: Pemerintah Dukung Kewirausahaan Melalui Berbagai Inkubasi Bisnis
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat memberikan kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo/Net
rmol news logo Pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah berada di jalur positif. Momentum pemulihan ini dimanfaatkan oleh pemerintah salah satunya dengan meningkatkan kualitas SDM generasi muda agar bertalenta digital dan berwirausaha.

Begitu jelas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dengan mengambil tajuk “Peran Entrepreneur Muda dalam Mempercepat Pemulihan Ekonomi”, Kamis (13/1).

Airlangga mengurai bahwa pemerintah tengah mendorong inkubasi-inkubasi bisnis yang dibangun dengan ekosistem digital.

Dia berharap inkubasi bisnis ini terus dilakukan dan entrepreneurship bisa meningkat menjadi 5 persen dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Pemerintah telah berkomitmen untuk terus bekerjasama dengan seluruh stakeholder, termasuk civitas akademika, dalam mengembangkan ekosistem kewirausahaan.

Dalam Peraturan Pemerintah 7/2021 tentang Kemudahan, Perlindungan, dan Pemberdayaan KUMKM, ditekankan peran penting lembaga inkubator dalam mendorong pengembangan dan pertumbuhan wirausaha.

“Saya juga berharap Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dapat berkontribusi menjadi inkubator bisnis baru sehingga dapat membantu mencetak wirausahawan baru yang berkualitas,” lanjut Menko Airlangga.

Dari segi pembiayaan, pemerintah juga mendorong para wirausaha melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan segmentasi yang telah terbagi menjadi KUR super mikro, mikro, dan kecil yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa yang ingin membangun usahanya sejak dini.

Sepanjang tahun 2021, pembiayaan KUR tercatat telah disalurkan sebesar Rp 280,17 T dan diberikan kepada 7,38 juta debitur.

Pada tahun 2022, pembiayaan KUR telah ditingkatkan menjadi Rp 373,17 T.

“Pemerintah sangat mendukung kewirausahaan yang terwujud melalui berbagai inkubasi bisnis. Untuk itu, mahasiswa diharapkan bisa memanfaatkan  ini seiring dengan akselerasi peningkatan kualitas SDM yang bertalenta digital,” kata Menko Airlangga.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Freidrich Paulus, Ketua Komisi XI DPR RI Dito Ganinduto, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, Anggota DPR RI Sarmuji, Ketua PP Muhammadiyah Syafiq Mughni, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan  Iskandar Simorangkir, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Mohammad Rudy Salahuddin, Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Musdhalifah Machmud, dan seluruh jajaran Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA