Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Prabowo Jadi Tokoh Normalisasi Indonesia-Israel, Fadli Zon: Fitnah Murahan Israel Ya Seperti Ini

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 14 Januari 2022, 22:39 WIB
Prabowo Jadi Tokoh Normalisasi Indonesia-Israel, Fadli Zon: Fitnah Murahan Israel Ya Seperti Ini
Diplomat Israel Itay Tagner dan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto selama forum IISS di Bahrain pada Sabtu, 20 November 2021/Net
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto belakangan menjadi salah satu nama yang ramai diperbincangkan setelah disebut sebagai tokoh utama di balik normalisasi hubungan antara Indonesia-Israel.

Belakangan, memang kabar upaya normalisasi hubungan antara Israel dan Indonesia semakin santer terdengar, khususnya setelah Abraham Accords (Perjanjian Abraham) yang melibatkan negara-negara Arab pada akhir 2020. 

Sebuah laporan dari The Jerusalem Post menyebutkan, negosiasi untuk normalisasi hubungan Indonesia dan Israel tengah dilakukan, dengan tokoh utamanya adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Lewat artikel bertajuk "How agriculture led Indonesia’s defense minister to talk normalization with Israel" yang dirilis pada Selasa (11/1), dijelaskan bahwa kerjasama pertanian telah memainkan peranan besar dalam negosiasi tersebut.

Bahkan disebutkan, Indonesia dan Israel telah melakukan serangkaian pertemuan dalam beberapa bulan terakhir pada tahun 2021.

Pada November lalu, Prabowo yang juga Ketua Umum Partai Gerindra, bertemu dengan Penasihat Keamanan Nasional Eyal Hulata dalam sebuah konferensi di Manama.

Sebuah foto yang menunjukkan Prabowo tengah berbincang dengan kuasa usaha Israel di Bahrain, Itay Tagner juga sempat ramai diperbincangkan pada acara yang sama.

Kabar ini pun buru-buru dibantah anak buah Prabowo, yakni Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon.

Dikatakan Fadli, berita itu ada hoax dan fitnah. Bahkan, dia menyebut cara itu adalah salah satu propaganda khas Israel.

"Propaganda murahan Israel dari dulu ya seperti ini. Fitnah dan hoax," cuit Fadli Zon di akun Twitter pribadinya, Jumat (14/1).

ARTIKEL LAINNYA