Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

M. Qodari: Tidak Ada Kendala jadi Cawapres Prabowo, Tergantung Jokowi Mau atau Tidak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 16 Januari 2022, 16:29 WIB
M. Qodari: Tidak Ada Kendala jadi Cawapres Prabowo, Tergantung Jokowi Mau atau Tidak
Prabowo Subianto dan Joko Widodo/Net
rmol news logo Sekretariat Bersama (Sekber) mendeklarasikan pasangan calon Prabowo-Jokowi untuk pertarungan pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Dalam deklarasi itu Jokowi diposisikan sebagai wakil presiden mendampingi Prabowo.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menyikapi hal tersebut, pengamat politik Qodari menyampaikan tidak ada larangan bagi Jokowi untuk maju sebagai calon wakil presiden. Dalam konstitusi disebutkan bahwa larangan untuk petahana maju kembali menjadi calon presiden bukan sebagai wakil presiden.

“Yang ada itu kan batasan bagi mereka yang sudah pernah jadi wakil presiden dua kali, seperti misalnya Pak JK. Tidak bisa maju untuk jadi wakil lagi, bagi Pak Jokowi di tahun 2019 karena Pak JK sudah pernah jadi wakil presidennya Pak SBY tahun 2004 sampai 2009,” ucap Qodari lewat keterangannya, Minggu (16/1).

Dia menambahkan JK tidak lagi diusung pada Pemilu 2019 lantaran sudah dua kali menjabat sebagai wakil presiden. Namun, untuk Jokowi yang belum pernah menjadi wakil presiden, konstitusi tidak melarang hal tersebut.

"Secara UUD dan UU khususnya Pilpres Pak Jokowi tidak ada kendala menjadi cawapres,” imbuhnya.

Menurutnya, pasangan calon Prabowo-Jokowi akan terwujud, tergantung dari Jokowi apakah mau mendampingi Prabowo Subianto di 2024 atau tidak.

"Tentu pertama tergangtung pada Pak Jokowinya, mau enggak jadi calon wakil presiden khususnya bagi Pak Prabowo. Kalau Pak Prabowo sih saya yakin mau-mau saja, karena Pak Jokowi kan populer dan sekarang masih petahana,” tutupnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA