Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Galang Zakat ASN Jateng Rp 2,5 Miliar, Ganjar Pranowo Terima Penghargaan Baznas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 17 Januari 2022, 18:42 WIB
Galang Zakat ASN Jateng Rp 2,5 Miliar, Ganjar Pranowo Terima Penghargaan Baznas
Gubernur Jawa Tengah Ganajr Pranowo terima anugerah sebagai Pendukung Gerakan Zakat Indonesia Tahun 2022 dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas)/Ist
rmol news logo Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menerima anugerah sebagai Pendukung Gerakan Zakat Indonesia Tahun 2022 dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Penghargaan itu diterima langsung Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Hotel Sultan Grand Ballroom, Senayan, Jakarta, Senin (17/1).

Bagi Ganjar Pranowo, Baznas punya peran penting mengatasi permasalahan pengentasan kemiskinan ekstrem hingga pemberdayaan ekonomi produktif.

“Saya mendapatkan detail-detail cerita dari Baznas pusat tadi. Bagaimana, ekonomi kreatif yang di kembangkan, industri pertanian di kembangkan, itu malah catatan di Baznas pusat ada bahkan menunjuk ke beberapa tempat wilayah Jateng,” kata Ganjar Pranowo.

Ganjar mengatakan, kehadiran Baznas di Jawa Tengah menguntungkan semua pihak. Sebab, zakat merupakan sumber keuangan yang dapat menyelesaikan berbagai persoalan di Jawa Tengah.

“Artinya, apa yang dikerjakan oleh kawan-kawan Baznas provinsi, ternyata sudah terkoneksi. Sehingga, kegiatan yang cukup beragam ini bagian dari cara menyelesaikan persoalan di tempat sinergitas antara Pemprov dan Baznas. Dengan Baznas ternyata membuahkan banyak hasil,” sambungya.

Politisi PDI Perjuangan ini optimistis, pendapatan zakat di Jateng akan terus meningkat. Apalagi semakin banyak masyarakat yang sadar untuk membayarkan zakatnya dengan baik.

Ganjar Pranowo memang gencar mendorong optimalisasi Baznas di Jateng. Bahkan, dia menggerakkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Jateng untuk rutin membayar zakat dari gaji yang diterima.

Saat awal-awal digulirkan, program zakat bagi ASN di lingkungan Pemprov Jateng ini hanya mampu menghasilkan Rp 600 juta per bulan. Namun saat ini, perbulan lebih dari Rp 2,5 miliar zakat terkumpul dari ASN di lingkungan Pemprov Jateng tersebut.

Selain Jateng, Anugerah Gubernur Pendukung Gerakan Zakat Indonesia Tahun 2022 juga diterima Provinsi Jawa Timur, DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Aceh, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jambi, Sumatera Barat, Bengkulu, Riau, Kalimantan Timur. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA