Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei Terbaru, Mayoritas Publik Ingin Airlangga jadi Presiden 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 17 Januari 2022, 18:32 WIB
Survei Terbaru, Mayoritas Publik Ingin Airlangga jadi Presiden 2024
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto/Net
rmol news logo Mayoritas publik menginginkan Ketua Umum Airlangga Hartarto sebagai calon presiden pada Pilpres 2024. Nama Menko Perekonomian itu menempati urutan pertama sebagai calon presiden paling diinginkan publik.

Hal itu terpotret dalam rilis survei Laboratorium Suara Indonesia (LSI) bertajuk "Hasil Pemetaan Kondisi Politik, Ekonomi, Sosial Budaya, dan Hankam Setelah Dua Tahun Pandemik Covid 19 melanda Indonesia".

"Ketika 1850 responden ditanyakan secara langsung nama yang akan dipilih sebagai presiden jika pilpres digelar di saat survei dilakukan, maka nama Airlangga Hartarto menjadi nama yang paling banyak diinginkan dan dipilih dengan tingkat elektabilitas 19,2 persen," Direktur Eksekutif LSI, Albertus Dino dalam keterangannya, Senin (17/1).

Sementara itu, pada urutan kedua ada nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dengan tingkat elektabilitas 14,3 persen. Lalu, pada urutan ketiga ada nama Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto 11,7 persen.

Disusul KSAD Jenderal Dudung Abdurachman 6,2 persen, Menkeu Sri Mulyani 4,1 persen, dan Komisaris Utama (Komut) Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dengan elektabilitas 3,7 persen.

Urutan berikutnya ada Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 3,6 persen dan Gubenur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan meraih 3,5 persen. Lalu, mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo 3,2 persen, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 3,1 persen.

Selanjutnya, ada nama Ketua DPR RI Puan Maharani 2,7 persen dan Mensos Tri Rismaharini 2,4 persen lalu Meneg BUMN Erick Thohir 1,4 persen.

"Kemudian Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar 1,4 persen dan Menko Polhukam Mahfud MD 1,1 persen. Lalu, yang tidak memilih sebanyak 18,4 persen," demikian Albertus.

Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan 1850 responden dari 34 Provinsi.

Survei yang digelar pada medio 29 Desember 2021 hingga 13 Januari 2022 ini memiliki margin of error 2,3 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA