Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rizal Ramli: Pakde Jokowi, Tolong Jelaskan Siapa Akan Tinggal di Ibu Kota Negara Baru?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 17 Januari 2022, 22:04 WIB
Rizal Ramli: Pakde Jokowi, Tolong Jelaskan Siapa Akan Tinggal di Ibu Kota Negara Baru?
Begawan ekonomi Rizal Ramli/Repro
rmol news logo Presiden Joko Widodo harus bisa menjelaskan secara gamblang siapa yang akan menjadi penduduk dari ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur, jika terealisasi nantinya.

Pernyataan tersebut disampaikan begawan ekonomi Rizal Ramli dalam dialog yang ditayangkan akun Youtube Wakil ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon, Senin malam (17/1).

"Saya mohon maaf, Pakde Jokowi tolong jelaskan siapa yang bakal tinggal di ibu kota 'baru'," kata Rizal Ramli.

Rizal menjelaskan, secara hitung-hitungan ekonomi akan sulit memindahkan apa yang sudah ada di Jakarta. Bahkan, untuk kalangan bisnis properti besar sekalipun.

Kata dia, pengusaha properti akan lebih meraup keuntungan dengan mengelola modal untuk membangun k-ta-kota baru di Jawa dari pada harus membangun di wilayah IKN.

"Kalau perusahaan real estate besar tidak akan mau main real estate di Kalimantan Timur kecuali dipaksa, karena mereka lebih diuntungkan bikin BSD baru, bikin kota baru di Pulau Jawa," terangnya.

Perkiraan mantan Menko Ekuin era Presiden Gus Dur ini, hanya perusaah China yang akan berani tanam modal di IKN untuk membangun kota baru sesuai selera dan kebutuhan rakyat mereka untuk dipindahkan ke Indonesia.

"Nah yang tertarik untuk itu ya BUMN China, untuk beli tanah di situ (Kalimantan Timur), bangun ibu kota baru, tapi penghuninya siapa itu nanti, rakyat nggak mau pindah ke situ," terangnya.

"Penghuninya ngundang lagi dari RRC buat jadi penduduk di situ, (Kalimantan Timur) bisa jadi ibu kota baru, tapi itu ibu kota Beijing Baru, bukan ibu kota Indonesia baru," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA