Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Bosan Lihat Daftar Orang Terkaya di Indonesia Itu-itu Saja, Erick Thohir Terus Dorong Lahirnya Pengusaha Baru Bidang Teknologi

LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 18 Januari 2022, 04:59 WIB
Bosan Lihat Daftar Orang Terkaya di Indonesia Itu-itu Saja, Erick Thohir Terus Dorong Lahirnya Pengusaha Baru Bidang Teknologi
Menteri BUMN, Erick Thohir/Net
Daftar orang-orang terkaya di Indonesia bisa dibilang hanya didominasi nama-nama tertentu saja. Bahkan, daftar tersebut cenderung tak pernah berubah.

Karena itulah Menteri Negara BUMN, Erick Thohir menilai, harus ada upaya untuk mendorong kemunculan orang kaya baru di Indonesia.

Salah satu yang dilakukan Erick adalah mendorong terciptanya peluang usaha khususnya di sektor teknologi yang saat ini terus berkembang pesat.

“Kami dari BUMN coba mendorong terciptanya pengusaha-pengusaha baru di teknologi. Coba kalau kita lihat daftar orang kaya di Indonesia, bosan, yang kaya itu-itu saja," ucap Erick saat live Indonesia Digital Tribe melalui Instagram, Senin (17/1).

"Kalau kita lihat di luar negeri coba, (sekarang) ada yang namanya Elon Musk. Dulu enggak ada namanya Elon Musk. Bill Gates ada, tapi ada Elon Musk sekarang,” imbuhnya.

Erick memang tidak menyebut secara rinci siapa daftar orang kaya yang dimaksudnya. Ia hanya memastikan bakal berusaha menciptakan pengusaha baru untuk mengubah komposisi sosok dalam daftar orang terkaya di Indonesia.

Salah satu langkah yang dilakukan Erick adalah berkolaborasi dengan Mendikbudristek Nadiem Makarim dan founder Narasi, Najwa Shihab, lewat Indonesia Digital Tribe. Mereka akan bergerak bersama menjadi mentor di Indonesia Digital Tribe.

“Nah artinya apa? Ada orang-orang kaya baru yang nanti kita ciptakan dengan dukungan pembiayaan dari BUMN atau investasi, jadi bisa pinjaman atau investasi. Tapi Mbak Nana meng-create komunitasnya yang memang ahlinya,” lanjut Erick.

“Nah Mas Nadiem menyiapkan sumber dari tenaga kerja yang siap pakai itu, baik di SMK atau di universitas, nah ini yang kita dorong,” tegasnya.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA