Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Demi Kepastian Haji, Presiden Jokowi Didesak Segera Lobi Raja Arab Saudi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 18 Januari 2022, 08:26 WIB
Demi Kepastian Haji, Presiden Jokowi Didesak Segera Lobi Raja Arab Saudi
Presiden Joko Widodo dan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz/Net
rmol news logo Presiden Joko Widodo didesak untuk segera melobi Raja Arab Saudi demi memperoleh kepastian soal pemberangkatan jemaah haji Indonesia pada penyelenggaraan ibadah haji 1443 H/2022 M.

Lobi ini penting dilakukan karena kewenangan tertinggi atas keputusan penyelenggaraan haji ada di tangan Raja Arab Saudi. Sementara Presiden Jokowi memiliki hubungan dekat dengan Raja dan Putra Mahkota Arab Saudi.

Begitu kata Anggota Komisi VIII DPR RI Bukhori kepada wartawan, Selasa (18/1).

"Saya kembali mengusulkan agar Presiden Jokowi sebaiknya segera datang ke sana (Arab Saudi) untuk melakukan negosiasi. Sebab, yang diperlukan selain persiapan teknis terkait haji, adalah diplomasi di luar kebiasaan," tegasnya.

Presiden Joko Widodo, sambungnya, juga bisa berbagi pengalaman dalam mengendalikan pandemi di Indonesia saat nanti bertemu dengan Raja Arab Saudi. Ini lantaran Indonesia dianggap sukses dalam mengendalikan pandemi.

"Sehingga hal itu semestinya bisa dijadikan bahan sharing pengalaman Pemerintah Indonesia kepada Pemerintah Arab Saudi sebagai suatu best practice," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA