Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ubedilah Dituding Jadi "Asuhan" Demokrat-PKS, Rocky Gerung: Ia Gantikan Peran Partai Oposisi Menggeleng kepada Kekuasaan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 19 Januari 2022, 01:58 WIB
Ubedilah Dituding Jadi "Asuhan" Demokrat-PKS, Rocky Gerung: Ia Gantikan Peran Partai Oposisi Menggeleng kepada Kekuasaan
Pengamat Sosial Politik, Rocky Gerung/Repro
rmol news logo Langkah hukum yang dilakukan oleh Dosen Universitas Jakarta (UNJ), Ubedilah Badrun, dituding sebagai bagian dari gelagat politik partai oposisi seperti Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Tudingan yang datang dari Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto itu ditanggapi oleh pengamat sosial dan politik Rocky Gerung, dalam diskusi bertajuk "Ubedilah Badrun dan Suara Akademisi" yang disiarkan di kanal YouTube FNN TV, Selasa (18/1).

"Akui saja bahwa Ubed itu diasuh oleh Demokrat dan PKS. Karena partai yang berpikir sekarang tinggal Demokrat dan PKS, kan berpikir artinya beroposisi," ujar Rocky.

Rocky menuturkan, pihak-pihak yang berpikir itu berarti sedang "menggeleng" kepada kekuasaan, dan menjadi suatu tradisi akademik kampus dahulu.

"Kampus didesain untuk menggeleng kepada kekuasaan. Jadi dari awal semester satu kita ajarin mahasiswa untuk menggeleng, supaya terjadi dialektis," katanya.

Maka dari itu, langkah hukum Ubedilah melaporkan dugaan pelanggaran hukum dua putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, dan Kaesang Pangarep,  ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) adalah sikap akademisi yang kritis.

Selain itu, Rocky menilai Ubedilah telah mengambil peran dari partai politik (parpol) oposisi yang seharusnya melakukan tindakan serupa atas dugaan-dugaan pelanggaran hukum yang terjadi.

"Jadi niat awal Ubed adalah untuk menggeleng kepada kekuasaan yang seharusnya adalah fungsi dari partai-partai oposisi yang sekarang diserap semua oleh kekuasaan," demikian Rocky. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA