Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Pernyataan Kontroversial Arteria Dahlan Berkaitan dengan Etika, Budayawan Sunda akan Lapor ke MKD

LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 20 Januari 2022, 02:59 WIB
Pernyataan Kontroversial Arteria Dahlan Berkaitan dengan Etika, Budayawan Sunda akan Lapor ke MKD
Budayawan Sunda, Budi Setiawan Garda Pandawa alias Budi Dalton/Net
Masyarakat Jawa Barat, khususnya orang Sunda, dinilai terlalu sering mendapat perlakuan buruk dari pihak-pihak tertentu yang membuat sakit hati.

Terbaru, sikap anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan yang meminta Kajati yang menggunakan bahasa Sunda dalam rapat kerja Komisi III bersama Jaksa Agung ST Burhanuddin beberapa waktu lalu untuk dicopot.

Tak ayal, pernyataan Arteria Dahlan pun membuat masyarakat Jawa Barat marah. Salah satunya Budayawan Sunda, Budi Setiawan Garda Pandawa alias Budi Dalton.

Kang Budi pun mengurai, bukan hanya sekali saja Sunda dengan ragam kebudayaannya diusik. Mulai dari pernyataan kontroversial Budayawan Betawi Ridwan Saidi soal Galuh, oknum penginjak batu petilasaan di Karangkamulyan Ciamis, hingga kasus Sunda Empire.

"Budaya Sunda ini bukan sekali ditoel (dicolek). Nyeri hatena (sakit hatinya) orang Sunda sudah keterlaluan. Tiba-tiba sekarang bangkit (marah), itu karena yang ditoelnya bahasa," tegas Kang Budi kepada Kantor Berita RMOLJabar, Rabu (19/1).

Meski orang Sunda tidak begitu responsif dengan persoalan-persoalan sebelumnya, namun Kang Budi menyatakan tak akan diam ketika yang disinggung adalah bahasa. Sehingga, dia akan melaporkan Arteria Dahlan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI.

"Saat masalahnya bahasa, kita semua bergerak dengan jalan yang kurang lebih harus normatif memperlihatkan ke-Sundaannya, salah satunya kita harus melaporkan ini kepada Mahkamah Kehormatan Dewan," kata dia.

"Walaupun mungkin secara pidana tidak ada, karena beliau (Arteria Dahlan) ini advokat ya, pasti jagoan lah untuk ngeles mah. Tapi secara etika tidak ada orang yang membenarkan tata krama beliau," imbuhnya.

Selain ke MKD, Kang Budi menyebut sejumlah tokoh-tokoh di Jawa Barat juga mengusulkan atau berencana melaporkan Arteria Dahlan ke kepolisian. Namun baginya, persoalan Arteria Dahlan berkaitan dengan etika, sehingga cukup dilaporkan ke MKD.

"Kalau bagi saya pribadi ini kaitannya dengan etika, jadi hanya cukup saja ke MKD dan saya pikir harus ada tindakan tegas dari MKD," harap Kang Budi.

"Konkretnya, kita akan melaporkan secara normatif, artinya kalau di pinggir jalan saya lihat ada spanduk di mana-mana itu gerakan masyarakat spontan saja, tidak dikonsepkan," demikian Budi Dalton.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA