Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Rajin OTT dan Tetap Membumi, Firli Bahuri: Pemberantasan Korupsi Pekerjaan Kita Semua

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 20 Januari 2022, 15:25 WIB
Rajin OTT dan Tetap Membumi, Firli Bahuri: Pemberantasan Korupsi Pekerjaan Kita Semua
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri/Net
Semangat pemberantasan korupsi tak pernah padam. Dikomandoi Firli Bahuri, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hingga kini terus melakukan pencegahan hingga penindakan perilaku korupsi di Indonesia.

Terbaru, KPK melakukan operasi tangkap tangan terhadap Bupati Langkat, Terbit Rencana Perangin Angin beserta sejumlah pihak dan hari ini OTT Pengadilan Negeri Surabaya.

Meski demikian, Ketua KPK, Firli Bahuri menegaskan bahwa pemberantasan korupsi bukan hanya tugas lembaga antirasuah.

"Pemberantasan korupsi ini merupakan pekerjaan kita semua. Segenap anak bangsa memiliki kewajiban untuk membersihkan negeri ini dari korupsi," kata Firli Bahuri kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (20/1).

Oleh karenanya, Filri menegaskan pentingnya orkestrasi pemberantasan korupsi. Hal ini pula yang pernah ia sampaikan saat Hari Antikorupsi Dunia 2021 belum lama ini.

"Tidak mungkin pemberantasan korupsi dilakoni sendiri oleh KPK karena pemberantasan tidak dapat dikerjakan oleh hanya satu lembaga, apalagi satu orang," tutur Firli Bahuri yang sudah menggelar sedikitnya 17 OTT di masa kepemimpinanya di KPK.

Setidaknya, ada empat hal yang menjadi fokus dalam orkestrasi pemberantasan korupsi. Pertama adalah kamar legislasi. Dalam penyusunan undang-undang, kamar legislasi harus bebas dari korupsi.

Kedua, adalah kamar eksekutif. Dalam penyusunan pengesahan anggaran belanja negara dan implementasi serta pengesahan maupun pengawasannya, kamar eksekutif harus bebas dari korupsi.

Ketiga adalah kamar yudikatif. Dalam hal ini, seluruh proses peradilan juga harus bebas dan bersih dari korupsi.

Terakhir adalah kekuasaan partai politik. Kamar kekuasaan di partai politik juga harus bebas dan bersih dari korupsi.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA