Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Lord Rangga Sunda Empire Datangi Gedung DPR Mau Labrak Arteria Dahlan

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 20 Januari 2022, 15:47 WIB
Lord Rangga Sunda Empire Datangi Gedung DPR Mau Labrak Arteria Dahlan
Petinggi Sunda Empire, Rangga Sasana mendatangi Gedung DPR RI untuk bertemu Arteria Dahlan/Repro
Lord Rangga, begitu sapaan akrab Petinggi Sunda Empire, Rangga Sasana mendatangi Gedung DPR RI, Komplek Perlemen Senayan, Jakarta, pada Kamis (20/1).

Kedatangan Ki Ageng Rangga Sasana ini dalam rangka "melabrak" Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PDIP, Arteria Dahlan yang sempat menuai kontroversi soal bahasa sunda dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) beberapa waktu lalu.

Lord Rangga mengatakan, dirinya ingin bertemu langsung dengan Arteria Dahlan di ruangannya untuk mengingatkan bahwa pernyataannya melarang bahasa sunda sudah keterlaluan. Menurutnya, itu melanggar Sila ke-3 dalam Pancasila, yakni Persatuan Indonesia.

Selain Arteria, Lord Rangga juga ingin mengingatkan anggota DPR RI lainnya untuk berhati-hati dalam bersikap. Terlebih, Arteria sempat menyinggung Sunda Empire saat berbicara itu.

"Untuk itu Lord datang melabrak dia, kaitannya persoalannya sebagai wakil rakyat tentunya Lord akan mengingatkan bukan hanya dia, wakil rakyat Pak Arteria tadi, tetapi juga wakil-wakil yang lain. Sebaiknya menyampaikan pada proses dengan sopan santun," kata Rangga.

Lord Rangga juga menyebut pernyataan politisi PDIP itu melanggar kebhinnekaan. Pasalnya, berbahasa daerah merupakan bagian dari Pancasila.

"Arteria Dahlan dalam konteks persoalannya melarang penggunaan bahasa daerah untuk komunikasi, ini halnya melanggar Bhinneka Tunggal Ika, artinya dia melanggar Pancasila," tegasnya.

Namun begitu, rencana Lord Rangga untuk bertemu langsung dengan Arteria serta Fraksi PDI Perjuangan urung.

Ini lantaran petugas pengamanan DPR, tidak mengizinkan Lord Rangga yang tidak membawa surat permohonan audensi serta menyertakan hasil swab antigen negatif untuk bisa masuk ke Gedung DPR.

Namun begitu, Lord Rangga mengaku akan menyiapkan persyaratan tersebut dan berkomunikasi dengan Arteria Dahlan nantinya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA