Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Jokowi Tawarkan 3 Prioritas Utama Presidensi G20 di World Economic Forum

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 20 Januari 2022, 16:44 WIB
Jokowi Tawarkan 3 Prioritas Utama Presidensi G20 di World Economic Forum
Presiden Joko Widodo/Repro
Gagasan Indonesia yang diusung dalam penyelenggaraan Presidensi G20 tahun 2022 ditawarkan Presiden Joko Widodo dalam World Economic Forum yang dia hadiri secara virtual pada Kamis siang (20/1).

Jokowi mengatakan, masyarakat dunia kini sedang cemas dan khawatir melihat kondisi global saat ini. Hal itu dia tunjukkan berdasarkan Global Rate Report 2022 World Economic Forum.

"Sebanyak 84,2 persen responden merasa khawatir dan resah dengan keadaan dunia," ujar Jokowi saat memberikan pidatonya yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Menurut Jokowi, kecemasan dari masyarakat dunia tersebut harus dijawab dengan aksi-aksi yang nyata dari komunitas global itu sendiri.

Karena itu, dia berharap Indonesia berusaha agar Presidensi G20 tahun 2022 bisa menjadi bagian penting untuk menjawab keresahan tersebut, dan bisa menjadi katalis pemulihan ekonomi global yang inklusif.

"Tema Presidensi G20 yaitu Recover Together, Recover Stronger, kami akan mengedepankan partnership dan inklusivitas, serta menyediakan platform terobosan dalam upaya transformasi di berbagai bidang," kata Jokowi.

Untuk mencapai hal tersebut, Jokowi mengungkap tiga prioritas utama Presidensi G20 Indonesia yang sejalan dengan prioritas nasional dan kondisi global saat ini.

Yang pertama, Jokowi menyebutkan bahwa Indonesia ingin menata kembali arsitektur kesehatan global agar lebih inklusif dan tanggap terhadap krisis.

"Produksi vaksin ditingkatkan dengan distribusi yang merata, investasi dan pendanaan yang dibutuhkan harus pasti dan mobilisasi secara cepat, untuk mencegah krisis selanjutnya," imbuhnya.

Kemudian prioritas yang kedua, disebutkan Jokowi yaitu mengoptimalisasi digital transformasi ekonomi, dan dampaknya harus dirasakan oleh masyarakat terutama oleh pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

"Transisi dan kemampuan digital masyarakat harus ditingkatkan," tegasnya.

Adapun prioritas yang ketiga yakni transisi energi yang lebih ramah lingkungan. Menurutnya, hal ini sangat diperlukan dengan menyediakan teknologi dan pendanaan yang kuat.

"Melalui teknologi mampu mendorong produksi berbasis ekonomi," tuturnya.

"Tiga prioritas tersebut merupakan kesempatan yang perlu dimanfaatkan secara optimal," demikian Jokowi.

ARTIKEL LAINNYA