Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Jokowi Tidak Halangi Orang Untuk Maju Pilpres, Rizal Ramli: Pura-pura Ndak Tahu Ada Threshold

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 20 Januari 2022, 18:55 WIB
Jokowi Tidak Halangi Orang Untuk Maju Pilpres, Rizal Ramli: Pura-pura Ndak Tahu Ada Threshold
Rizal Ramli/Net
Presiden RI Joko Widodo akui tidak akan menghalangi siapa pun untuk maju dan mencalonkan diri pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Presiden Jokowi mengungkapkan, tidak ingin menghalangi siapa pun adalah agar masyarakat mempunyai banyak pilihan dalam perhelatan politik tersebut.

“Agar masyarakat punya banyak pilihan. Mau pilih menteri, ada. Mau pilih kepala daerah, ada. Mau pilih ketua partai, ada. DPR, ada,” kata Jokowi.

Pernyataan Jokowi itu pun disambut rasa heran oleh begawan ekonomi Rizal Ramli.

Rizal bingung, apakah Jokowi sebagai kepala negara lupa jika masih berlaku ambang batas atau presidential threshold yang harus dipenuhi seseorang yang ingin maju Pilpres 2024.

"Ndak membatasi siapa aja mau maju. Pura-pura ndak tahu ada pembatasan threshold," kata Rizal dalam cuitan di akun Twitter pribadinya, Kamis (20/1).

Memang, kata Rizal, Jokowi bisa menerbitkan peraturan pengganti UU atau Perppu untuk menghapus ambang batas yang berlaku 20 persen kursi di DPR atau 25 persen suara nasional pada pemilu terakhir.

"Wong tinggal kasih signal atau Perppu, baru itu omongan punya arti. Ini mah ‘nggedabrus’ atau omong kosong doang," tandasnya.

ARTIKEL LAINNYA