Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Ingin Kepala IKN Berlatar Arsitek, Gubernur Ridwan Kamil Menjawab

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 21 Januari 2022, 09:11 WIB
Jokowi Ingin Kepala IKN Berlatar Arsitek, Gubernur Ridwan Kamil Menjawab
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil/Net
rmol news logo Bocoran kepala otorita Ibukota Negara (IKN) yang disebut Presiden Joko Widodo harus berpengalaman dan berlatar belakang arsitek dijawab Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil menyebut siapa pun yang dipilih presiden harus bisa membangun IKN dengan maksimal.

"Saya tidak mau berandai-andai. Belum pasti saya juga (yang dipilih). Saya baru baca tadi malam, kriteria kepala daerah arsitek kan enggak hanya saya," ucap Emil diberitakan Kantor Berita RMOLJabar, Jumat (21/1).

Ridwan Kamil memang berlatar belakang seorang arsitek, beberapa karyanya sebelum menjabat sebagai kepala daerah bahkan telah diakui dunia.

"Tapi, siapa pun yang terpilih harus maksimal membangun ibukota yang diputuskan pindah ke Kalimantan. Jadi saya tidak mau ge er (terlalu percaya diri), tidak mau berandai-andai, takut salah," imbuhnya.

Disinggung mengenai kesiapan, ia menilai fokusnya saat ini masih menuntaskan janji politik sebagai Gubernur Jawa Barat.

"Saya belum bisa menjawab, saya masih Gubernur Jawa Barat. Saya belum bisa menjawab hal yang belum pasti. Saya tidak mau berandai-andai," kata dia.

Ridwan Kamil sebelum menjadi Wali Kota Bandung hingga Gubernur Jawa Barat dikenal sebagai arsitek dan dosen di ITB.

Karya arsitekturnya tak hanya berada di Indonesia, namun tersebar hingga benua Asia bahkan benua Eropa. Tak hanya merancang bangunan, pihaknya juga terlibat dalam perancangan kota mandiri.

Di antaranya, Museum Tsunami Aceh dibangun sebagai sebuah monumen untuk memperingati peristiwa tsunami Aceh paling tragis pada 2004 lalu.

Lalu, Marina Bay Waterfront di Singapura. Kemudian, Ningbo Newtown, Tiongkok, sebuah rancangan kota baru dan dianggap sebagai salah satu kota masa depan.

Dalam proses perancangan IKN, Ridwan Kamil juga terlibat dalam penjurian lomba desain IKN.

Rancangan Undang-Undang Ibukota Negara (RUU IKN) resmi disahkan menjadi undang-undang (UU) dalam rapat paripurna DPR RI, Selasa (18/1) lalu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA