Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Awali Ekspor Halal 36 Ton Biji Kopi, Dubes Oman Apresiasi MES dan Pengusaha RI

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 21 Januari 2022, 14:23 WIB
Awali Ekspor Halal 36 Ton Biji Kopi, Dubes Oman Apresiasi MES dan Pengusaha RI
Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) launching Program Ekspor Halal 2022 di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat siang (21/1)/RMOL
Geliat bisnis syariah pengusaha lokal Indonesia, khususnya untuk komoditas kopi, menembus pasar internasiona melalui jalur ekspor.

Duta Besar (Dubes) RI untuk Kesultanan Oman, Mohamad Irzan Djohan, mengapresiasi Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) yang memfasilitasi pengusaha dalam negeri mengekspor biji kopi.

"Ekspor kopi ke Oman yang kita lepas sebanyak 36 ton robusta, dengan nilai Rp 1,6 miliar," ujar Irzan saat membuka secara virtual acara Launching Program Ekspor Halal 2022 di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat siang (21/1).

Irzan menjelaskan, ekspor kopi ke Oman tersebut dilakukan PT Geber  Ekspor Indonesia yang akan berjalan selama setahun dengan nilai mencapai 1,7 juta dolar Amerika Serikat.

Selain meningkatkan ekspor kopi ke Oman, Irzan juga berkomitmen untuk menumbuhkan kehadiran kopi Indonesia di Oman. Karena selama ini, pihaknya melihat banyak kopi yang didatangkan ke Oman berasal dari negara ketiga.

"Maka itu kopi yang didatangkan ke Oman oleh PT Geber adalah wujud ekspor langsung," imbuhnya.

Irzan menambahkan, banyak warga Oman yang banyak mengenal kopi Indonesia. Sehingga, dia meyakini ekspor kopi Indonesia ke Oman akan lebih banyak lagi yang masuk ke Oman.

"Terima kasih kepada MES, Bank Indonesia, dan PT Geber untuk ini. Kami siap meningkatkan nilai ekspor ke Oman," tandasnya.

ARTIKEL LAINNYA