Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Perluas Pasar Komoditas RI di Dunia, MES Bentuk Komite Ekspor Alam

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 21 Januari 2022, 17:51 WIB
Perluas Pasar Komoditas RI di Dunia, MES Bentuk Komite Ekspor Alam
Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat (PP) MES, Iggi H. Achsien saat Launching Program Ekspor Halal 2022 di Bilangan Menteng, Jakarta Pusat/RMOL
Perluasan pasar bagi komoditas pertanian yang dimiliki Indonesia ikut digenjot Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) dengan membuka keran ekspor ke sejumlah negara.

Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat (PP) MES, Iggi H. Achsien menerangkan, ekspor perdana biji kopi robusta yang dilakukan PT Gebrak Ekspor Indonesia ke Oman, menjadi batu loncatan untuk perluasan pasar komoditas pertanian Indonesia ke dunia.

"Kami menyambut baik inisiatif ini, karena sejalan dengan arahan Ketua Umum (PP MES Erick Thohir), dan Ketua Dewan Pembina PP MES (Maruf Amin), agar MES bisa menjadi motor pengembangan usaha ekonomi syariah," ujar Iggi dalam dalam acara Launching Program Ekspor Halal 2022 di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat siang (21/1).

Launching Program Ekspor Halal, menurut Iggi, merupakan inisiatif yang dilakukan secara kolaboratif MES, PT Geber Ekspor Indonesia, dan Tim Diplomasi Publik dengan dukungan penuh Bank Indonesia dan juga KBRI Oman dan negara Oman itu sendiri.

"MES periode ini memang banyak mengarahkan kegiatan pada sektor riil, pada pengembangan usaha yang salah satunya adalah ekspor alam yang menjadi prioritas MES," katanya.

Iggi menyatakan, aktivitas ekspor produk dalam negeri dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi nasional, sekaligus membuka pasar ke luar negeri dan menumbuhkan investasi.

"Ini bukti bahwa Indonesia bukan hanya sebagai market, tapi mampu menjadi suplier, penyedia produk halal global di seluruh dunia," imbuhnya.

Maka dari itu, untuk menjalankan cita-cita pemerintah yang menginginkan Indonesia sebagai pusat ekonomi dan keuangan syariah di dunia, MES membentuk satu komite.

"(MES) periode ini membentuk khusus komite ekspor alam, yang baru dibentuk di bawah kepemimpinan Bapak Erick," demikian Iggi,

ARTIKEL LAINNYA