Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Akrab dengan 'Japung' Pesawaran, Ganjar Pranowo: Rasanya seperti Nengok Keluarga Kandung

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 21 Januari 2022, 21:11 WIB
Akrab dengan 'Japung' Pesawaran, Ganjar Pranowo: Rasanya seperti Nengok Keluarga Kandung
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bersama Gubernur Lampung Arinal Djunaidi/RMOL
Suasana keakraban bersama para transmigran, membuat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo merasa seperti berada di kampung halaman saat berkunjung ke Pesawaran, Lampung.

Ganjar Pranowo yang berkunjung bersama sang istri Siti Atiqoh, merasa akrab dengan masyarakat sekitar Pesawaran karena banyak transmigran asal Jawa Tengah.

Adapun kedatangan Ganjar itu merupakan kunjungan balasan setelah sebelumnya Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona berkunjung ke Jawa Tengah.

"Ada yang dari Bagelan, itu daerah saya. Ada Kutoharjo, itu tempat tinggal saya, Gombong, Banyumas. Kebetulan istri saya juga Banyumas. Jadi rasanya saya sedang menengok keluarga kandung saya sendiri yang ada di Pesawaran. Makanya begitu ketemu langsung greng," ujar Ganjar, Jumat (21/1).

Politisi PDI Perjuangan yang kagum disambut antusias warga berharap, silaturahmi antardaerah tetap terjalin baik dan ke depannya ada kerja sama yang bisa dijalin.

"Ya pertaniannya, seni budaya, pemerintahan, perdagangan, dan lainnya. Mari kita jaga hubungan baik yang sudah terjalin lama ini," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona mengaku tidak menyangka orang nomor satu di Jateng itu akan betul-betul datang ke Pesawaran.

"Alhamdulillah beliau benar-benar datang ke Pesawaran. Saya memang katakan, banyak saudara bapak di Pesawaran, ternyata beliau mau menengok saudara-saudara yang dari Jawa di sini," kata Dendi.

Dendi mengatakan, selama ini hubungan antara Jawa dan Lampung sangat harmonis. Bahkan, di daerahnya sudah biasa dikenal istilah 'Japung' yang berarti Jawa Lampung.

"Banyak orang Lampung bisa ngomong Jawa halus, banyak orang Jawa bisa ngomong lampung. Kita semua merasa satu. Jadi Jawa adalah Lampung, dan Lampung adalah Jawa," pungkasnya.

ARTIKEL LAINNYA