Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Maafkan Arteria Dahlan, Rizal Ramli: Si Kehed Itu Harus Cium Tanah Sunda Dulu

LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 23 Januari 2022, 01:26 WIB
Maafkan Arteria Dahlan, Rizal Ramli: Si Kehed Itu Harus Cium Tanah Sunda Dulu
Ekonomi senior DR Rizal Ramli menggelar silaturahmi bersama tokoh masyarakat dan aktivis di Kampus II Yayasan Sumber Daya Insani (Yasri), Purwakarta/RMOLJabar
Meski anggota DPR RI, Arteria Dahlan, sudah meminta maaf atas pernyataannya yang memicu polemik, tampaknya rasa kesal di kalangan masyarakat Sunda belum sepenuhnya mereda.

Saking kesalnya, ekonom senior DR Rizal Ramli enggan menyebut langsung nama Arteria Dahlan. Ia menyebut Arteria dengan sebutan si Kehed.

"Jadi si kehed ini kurang ajar, menghina masyarakat Pasundan termasuk saya. Saya juga biasa di televisi keceplosan bahasa Sunda, pabalieut lah, apa lah. Jadi kurang ajar banget ini," ujar Rizal Ramli usai acara silaturahmi dengan para tokoh masyarakat, aktivis, dan ulama di Purwakarta, Sabtu (22/1).

"Saya habis diskusi dengan teman-teman di Purwakarta, sama dengan saya kawan-kawan di Purwakarta juga marah banget sama si kehed itu. Saya enggak mau sebut namanya," tegas Rizal Ramli.

Rizal Ramli sejak usia 7 tahun tinggal di Bogor, bisa berbahasa Sunda, dan memahami budaya Pasundan. Menurut RR, sapaan akrabnya, bahasa daerah memperkaya kosakata bahasa Indonesia.

Menanggapi permintaan maaf Arteria, RR menegaskan hal itu tidak cukup. Harus ada "ritual" yang dilakukan Arteria agar permintaan maafnya benar-benar diterima orang Sunda.

"Dia harus datang ke Jawa Barat dulu, cium tanah Sunda dulu si kehed itu," tegasnya lagi.

Namun demikian, selaku masyarakat Sunda, dirinya akan memaafkan. Tapi hal itu tak menghentikan proses hukum.

"Proses harus tetap berjalan, terutama dari induk partainya tuh, kalau minta maaf ya kita maafkan," tutupnya.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA