Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Berhasil Berantas Korupsi, Magnet Parpol Lirik Firli Bahuri jadi Calon Alternatif Pilpres 2024

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Minggu, 23 Januari 2022, 16:13 WIB
Berhasil Berantas Korupsi, Magnet Parpol Lirik Firli Bahuri jadi Calon Alternatif Pilpres 2024
Ketua KPK Firli Bahuri/Net
Keberhasilan memimpin Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam pemberantasan korupsi menjadi magnet untuk partai politik (parpol) melirik Firli Bahuri sebagai calon alternatif untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Begitu yang disampaikan oleh Direktur Pusat Riset Politik Hukum dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI), Saiful Anam. Menurut Saiful, Firli Bahuri yang saat ini menjabat sebagai Ketua KPK merupakan contoh tokoh yang tergolong sangat menarik.

Sebab, selama memimpin lembaga antirasuah, Saiful menilai Firli Bahuri bukan hanya berhasil memberantas korupsi tetapi juga mereformasi KPK.

"Bahkan melakukan koordinasi dan supervisi dengan aparat penegak hukum lainnya dalam hal ini Kejaksaan dan Kepolisian," ujar Saiful kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (23/1).

Doktor Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) ini berpendapat, apa yang telah dilakukan Firli patut diapresiasi karena telah banyak mengungkap korupsi.

Setidaknya, 17 kali operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan selama dua tahun menjabat, termasuk Menteri hingga partai penguasa pemerintah saat ini juga diringkus.

"Keberhasilan-keberhasilan tersebut saya kira menjadi magnet sendiri bagi parpol lainnya untuk melirik Firli sebagai calon alternatif yang antikorupsi," kata Saiful.

Dengan rekam jejak Firli tersebut, Saiful meyakini bahwa Firli akan menjadi rebutan partai politik (Parpol). Apalagi, saat ini banyak parpol yang kader-kadernya harus berurusan dengan masalah korupsi.

"Kondisi yang demikian membuat Firli tentu menjadi magnet tersendiri bagi parpol yang ada," pungkas Saiful.

ARTIKEL LAINNYA