Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Etalase Industri Olahraga Nasional, Even MotoGP Mandalika Diharapkan Hasilkan Rp 500 Miliar

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 23 Januari 2022, 17:39 WIB
Etalase Industri Olahraga Nasional, Even MotoGP Mandalika Diharapkan Hasilkan Rp 500 Miliar
Menkominfo, Johnny Gerard Plate/Net
Kompetisi sirkuit tingkat dunia MotoGP Mandalika 2022 akan berlangsung bulan Maret mendatang. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate menyatakan perhelatan olahraga itu akan menjadi etalase industri olahraga Indonesia.

Menurutnya, Pemerintah telah menyiapkan komunikasi publik untuk menyukseskan sekaligus menunjukkan kepada dunia keberhasilan event tersebut.

Oleh karena itu, Menkominfo mengajak media massa untuk mendukung penyebaran informasi dan menyukseskan MotoGP Mandalika.

“MotoGP Mandalika adalah etalase Indonesia di sport industry. Baik etalase dalam negeri maupun luar negeri. Untuk itu, diperlukan pesan kunci yang menjadi perhatian kita untuk komunikasinya kepada masyarakat dalam negeri dan kepada fans MotoGP di seluruh dunia,” ujar Johnny, Minggu (23/1).

Menurut Menkominfo, perhelatan MotoGP Mandalika 2022 akan memberikan dampak ekonomi dan investasi yang cukup besar. Terlebih investasi untuk pembangunan di Mandalika yang kini sudah mencapai sekitar 150 Juta Dolar AS.

Ia berharap, dampak langsung dari kegiatan MotoGP berdampak bisa mendapatkan setengah triliun rupiah secara langsung. Selain itu, setiap tahun diharapkan pariwisata Mandalika akan terus bertumbuh.

"Kita harapkan juga sekitar 40 juta dolar setiap tahun ada multiplier yang dihasilkan dari sisi perekonomian,” jelasnya.

Selain itu, MotoGP Mandalika telah memberikan efek peningkatan lapangan pekerjaan. Menteri Johnny menyatakan saat ini terbuka peluang hampir mencapai 11 ribu lapangan pekerjaan.

“Khusus untuk perhelatan MotoGP sendiri menyerap hampir 8 ribu orang. Dan yang berkaitan dengan UMKM dan tenaga kerja untuk peningkatan produk-produk UMKM sekitar 3 ribu orang. Jadi dampak langsungnya yang di sisi ekonomi berkaitan langsung dengan itu,” tuturnya .

Pria yang juga Sekjen DPP Nasdem itu berharap, komunikasi publik yang dilaksanakan juga menyampaikan pesan mengenai dampak ekonomi serta branding Indonesia di dunia internasional.

“Sehingga tentu kita harapkan komunikasi publik dilakukan dengan baik agar branding Indonesia, domestik, dan dampak ekonomi serta branding Indonesia di etalase dunia bisa kita capai dengan baik,” ungkapnya.

Sebagai ajang balap internasional yang pertama kali digelar di Indonesia, Menteri Johnny berharap MotoGP Mandalika harus mampu memberikan kesan yang baik di semua aspek sehingga memberikan memori tersendiri bagi setiap pengunjung.

“Bagi pembalap sendiri, MotoGP Mandalika menjadi ajang kompetisi tingkat internasional yang mereka rasakan. Momentum ini harus kita perhatikan betul, sehingga komunikasi publik kita harapkan berjalan dengan baik,” demikian Johnny.

ARTIKEL LAINNYA