Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Ganjar Pranowo ke Lampung, Pengamat: Garap Lumbung Suara Pilpres

LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 24 Januari 2022, 06:59 WIB
Ganjar Pranowo ke Lampung, Pengamat: Garap Lumbung Suara Pilpres
Ganjar Pranowo didampingi Bupati Dendi Ramadhona, saat mengunjungi Pesawaran/Ist
Kunjungan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yang juga Ketua Umum Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada (Kagama) selama dua hari di Lampung, tak lepas dari safari politik jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Jelas sekali kunjungan itu berkaitan dengan pencalonan dia di (Pilpres) 2024," ucap pengamat politik dari Universitas Lampung, Budi Kurniawan, Minggu (23/1).

Budi menjelaskan, kunjungan Ganjar bertemu Kagama dan tokoh adat Lampung di kediaman Ketua DPW Nasdem Lampung Herman HN, boleh jadi hanya silaturahmi biasa.

Namun, pertemuan itu menyiratkan ada harapan Ganjar jika tidak dapat restu PDIP, dia bakal ke Nasdem.

Tapi, menurut Dosen Ilmu Pemerintahan ini, Ganjar tanpa PDIP bakal sulit menang. Hal ini tentu diperhitungkan Nasdem.

"Karena basis PDIP di Jawa Tengah, Bali, dan Jatim sangat kuat party identificationnya, mereka memilih berdasarkan siapa yang dicalonkan partai," sambungnya.

Sehingga, lanjut Budi, kunjungan ke Lampung menjadi sangat penting bagi Ganjar untuk mendulang suara.

"Lampung kan basis PDIP, terutama di daerah transmigran Jawa. Ini yang sedang digarap Ganjar sebagai lumbung suaranya di 2024," jelasnya.

Lebih lanjut Budi menambahkan, Lampung memang wilayah favorit para calon presiden untuk mencari suara. Pasalnya, sebagai provinsi yang penduduknya terbesar di Sumatera, Lampung adalah magnet suara yang potensial.

"Secara ekonomis enggak buang0buang waktu dan ongkos karena balik modal suaranya setimpal. Beda kalau datang dan berkampanye ke kepulauan Riau dan Bangka Belitung, penduduknya sedikit," paparnya.

Ganjar Pranowo melakukan dua hari kunjungan ke Lampung, pada Jumat-Sabtu (21-22/1).

Hari pertama, kunjungannya bersama sang istri, Siti Atiqoh Supriyanti, diawali di Museum Transmigrasi, Desa Bagelen, Kecamatan Gedong Tataan, didampingi Bupati Dendi Ramadhona.

Ganjar kemudian sempat bertemu Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Wakil Gubernur Chusnunia Chalim. Ia juga menyempatkan mampir menengok keluarganya di Pringsewu dan Bandar Lampung.

Selanjutnya, Ganjar temu kangen bersama Kagama dan tokoh adat Lampung di kediaman Ketua Nasdem Lampung, Herman HN. Saat pertemuan itu, tampak Ketua Demokrat Lampung, Edy Irawan Arief, yang juga Kagama Lampung.

Ganjar lalu berkunjung ke Desa Liman Benawi, Trimurjo, Lampung Tengah yang merupakan desa binaan Kagama Lampung. Kunjungan Ganjar diakhiri di Desa Inklusif Kabupaten Mesuji.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA