Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pernyataan Jokowi soal Capres 2024 Perlu Dieksekusi Parpol Lewat Meja Perundingan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 24 Januari 2022, 12:48 WIB
Pernyataan Jokowi soal Capres 2024 Perlu Dieksekusi Parpol Lewat Meja Perundingan
Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Sirojudin Abbas/Net
rmol news logo Pernyataan Presiden Joko Widodo yang tidak akan menghalang-halangi calon presiden untuk bertarung di 2024 harus disikapi oleh para pembuat undang-undang, dalam hal ini DPR RI.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Sirojudin Abbas mengatakan, pernyataan Presiden Jokowi yang tak akan menghalang-halangi orang untuk nyapres supaya rakyat banyak opsi memilih di Pilpres 2024 sebagai sinyal positif.

"Itu (pernyataan Jokowi) hanya keterbukaan sikap Presiden pada calon-calon penerusnya," ujar Sirojudin kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (24/1).

Menurut Sirojudin, pernyataan Jokowi perlu ditindaklanjuti Komisi II untuk kembali mengatur ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold.

Sebab sejauh ini, ambang batas pencalonan presiden sebesar 20 persen menghambat keinginan untuk menghadirkan banyak calon.

"Sebab, PT (presidential threshold) adalah hasil konsensus yang tertuang di dalam UU Pilpres. Maka kalau ingin mengubah itu, Parpol harus kembali duduk di meja perundingan," demikian Sirojudin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA