Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

PDIP Minta Pemilu Dibuat Sederhana dan Murah

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 24 Januari 2022, 19:06 WIB
PDIP Minta Pemilu Dibuat Sederhana dan Murah
Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Arif Wibowo/Net
Komisi Pemilihan Umum (KPU) perlu memikiran agar pelaksanaan pemilu tahun 2024 dilakukan secara sederhana dan murah serta pelaksanaan kampanye perlu diperpendek masanya.

Hal itu disampaikan anggota Komisi II DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Arif Wibowo dalam rapat kerja bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, KPU dan Bawaslu, Gedung Nusantara, Komplek Parlemen, Senayan, Senin (24/1).

"Saya kira pertama dan dan pak junimart juga sudah menyampaikan fraksi PDIP Perjuangan juga setuju. Yang kedua saya kira komitmen bersama kita bagaimana pemilu yang sederhana dan murah,” ucap Arif dalam rapat.

Arif mengatakan KPU, Bawaslu dan Kemendagri perlu mencoba mensimulasikan proses kampanye yang pendek dapat dilaksanakan dengan mudah dan murah bagi rakyat yang melakukan pencoblosan.

“Karena sudah pasti kalau diperpendek, apakah soal penyediaan logistik untuk pemungutan suara bisa tercapai kalau itu bisa misalnya lebih pendek lagi dua minggu saja,” imbuhnya.

Pihaknya berharap Presiden Joko Widodo menerbitkan peraturan presiden untuk memudahkan penyelenggara pemilu dalam hal penyediaan logistik dan juga akan mendapatkan dukungan pemerintah.

“Jadi prinsip memperpendek mempersingkat waktu kampanye itu diupayakan untuk dilakukan sejauh tidak mengganggu hal yang sifatnya teknis terutama adalah penyediaan logistik,” tandasnya.


EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA