Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dorong Pemulihan Ekonomi, Menko Perekonomian Terapkan Travel Bubble

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 25 Januari 2022, 08:38 WIB
Dorong Pemulihan Ekonomi, Menko Perekonomian Terapkan <i>Travel Bubble</i>
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto/Net
rmol news logo Pemerintah menerapkan travel bubble di Kawasan Batam, Bintan dengan Singapura mulai 24 Januari 2022.

Kebijakan tersebut tertuang dalam SE Kepala Satgas 3/2022 tentang Protokol Kesehatan PPLN (Pelaku Perjalanan Luar Negeri) Mekanisme Travel Bubble di Kawasan Batam, Bintan, dengan Singapura.

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, kebijakan tersebut guna mendorong pemulihan ekonomi, terutama sektor pariwisata di Batam dan Bintan, dengan menerapkan kebijakan yang memungkinkan masuknya wisatawan asing (dari Singapura), namun hanya di Kawasan tertentu dan terbatas.

"Sehingga dapat menjaga pengendalian penyebaran Covid-19 dan penerapan protokol kesehatan," kata Airlangga dalam keterangannya, Selasa (25/1).

Lebih lanjut, pelaksanaannya juga telah diatur dalam SK Gubernur Kepulauan Riau 201/2022 tentang Kawasan Pariwisata dalam Skema Travel Bubble di Batam dan Bintan Provinsi Kepulauan Riau.

Pintu masuk untuk PPLN Travel Bubble adalah adalah Terminal Ferry Internasional Nongsapura di Batam dan Terminal Ferry Bandar Bintan Telani di Bintan.

Nantinya, mereka yang datang harus sudah vaksin dua kali, negatif PCR 3x24 sebelum keberangkatan, memiliki visa, kecuali bagi WNA Singapura, mempunyai bukti konfirmasi booking wisata, mempunyai kepemilikan asuransi kesehatan sebesar 30 ribu dolar Singapura, serta menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan BluePass.

Airlangga berharap, semua pihak mempersiapkan dengan baik. Pengelola kawasan juga diwajibkan membentuk Satgas Covid-19 Kawasan.

"Pengelola hotel dan tempat-tempat wisata juga sudah memenuhi CHSE, nanti pelaksanaan dan pengawasannya akan dikoordinasikan oleh Satgas Covid-19 di kawasan dan di masing-masing lokasi wisata,” tegas Menko Airlangga. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA