Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Akan Gelar Acara Baksos di Kota Salatiga, Pangi Chaniago: Strategi Golkar Sasar Pemilih di Jateng

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 26 Januari 2022, 00:12 WIB
Akan Gelar Acara Baksos di Kota Salatiga, Pangi Chaniago: Strategi Golkar Sasar Pemilih di Jateng
Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago/Net
rmol news logo Rencana Partai Golkar untuk mengggelar acara Perayaan Natal Nasional 2021 di Kota Salatiga, Jawa Tengah, adalah cara positif untuk menggaet suara pemilih.

Terlebih kegiatan itu, juga akan diisi dengan bakti sosial dan pengobatan gratis bagi masyarakat.

“Golkar itu partai yang sarat pengalaman, kegiatan yang akan dilakukan di Salatiga, Jawa Tengah bisa saja dibaca sebagai upaya Golkar menyasar pemilih di Jawa Tengah,” kata Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago kepada wartawan, Selasa (25/1).

Dikatakan Pangi, operasi yang dilakukan Partai Golkar seperti itu sah-sah saja, apalagi Jawa Tengah bukan basisnya Partai Golkar.

“Tapi apa yang dilakukan Golkar di Salatiga, Jawa Tengah ini harus jadi perhatian bagi partai yang punya basis massa di Jateng. Ingat, Golkar itu pengalaman, mesin partainya juga lumayan oke,” katanya.

Pangi memahami, selama ini Jawa Tengah dianggap basis dari PDIP, bahkan melekat julukan "kandang banteng". Sehingga, upaya yang dilakukan Partai Golkar itu hal yang wajar bagi sebuah partai politik.

”Ini sebagai bagian Golkar uji program meraih simpati atau populis mengambil suara dari pemilih Jawa Tengah dengan cara melakukan ekspansi dengan bungkus aksi sosial. Kebanyakan partai nggak berani ganggu kandang banteng takut tidak dapat efek, tapi ini saya lihat Golkar berani,” jelasnya.

Pangi menilai, penetrasi wilayah politik yang dilakukan Partai Golkar di Jawa Tengah itu adalah pertempuran sekunder.

“Pertempuran itu kan ada dua yakni pertempuran primer dan pertempuran sekunder. Pertempuran primer itu adalah di basis atau lumbung suara Golkar sedangkan pertempuran sekunder itu yang digarap di luar basis lumbung suara Golkar," bebernya.

"Seperti melakukan ekspansi atau penetrasi ke Jawa Tengah. Namanya juga usaha ya silahkan saja,” sambungnya.

Terpisah, Ketua Panitia Penyelenggara Perayaan Natal Nasional Partai Golkar 2021, Lamhot Sinaga mengatakan Partai Golkar akan menyelenggarakan perayaan Natal Nasional 2021 di Kota Salatiga, Jawa Tengah pada tanggal 29 Januari 2022.

Perayaan Natal dimulai tanggal 27 Januari 2022 dengan serangkaian acara bakti sosial dan pengobatan gratis bagi masyarakat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA