Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Sempat Pesimis dengan KPK, Benny K Harman: Ternyata Saya Salah Duga

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 26 Januari 2022, 15:34 WIB
Sempat Pesimis dengan KPK, Benny K Harman: Ternyata Saya Salah Duga
Anggota Komisi III DPR RI Benny K Harman/Net
Saat rapat kerja bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), anggota komisi III DPR RI Benny K Harman menyampaikan permohonan maafnya lantaran sempat merasa pesimis dengan KPK era Firli Bahuri, terutama setelah UU KPK direvisi.

“Saya dulu menduga inilah titik matinya KPK, ternyata saya salah menduga. Atas kesalahan itu saya minta maaf,” kata Benny saat raker bersama KPK di Komisi III DPR RI, Rabu (26/1).

Benny lantas mengapresiasi paparan yang dijabarkan oleh Ketua KPK Firli Bahuri serta unsur pimpinan KPK lainnya dihadapan anggota Komisi III DPR RI. Menurut Benny, kerja-kerja KPK dalam mengajak peran serta masyarakat untuk membangun budaya antikorupsi dinilai sukses.

“Saya anggap ini sukses. Dulu saya katakan yang penting bagaimana membangun ideologi antikorupsi di masyarakat. Ini dilakukan KPK periode sekarang. Apakah sukses? Saya menilai sukses sekali baik kuantitas maupun kualitas,” kata Benny.

Dari sisi kuantitas, banyaknya laporan ke KPK ini wujud nyata kesadaran masyarakat akan budaya antikorupsi.

“Itu kan akibat sosialisasi dan pendidikan, yang sebelumnya tidak tahu kasus korupsi, setelah didik orang tahu, lalu partisipasi. Yang kedua, timbul juga keberanian, berani melapor kasus-kasus ke KPK, luar biasa. Tinggal KPK melanjutkan laporan-laporan, di daerah banyak sekali, mungkin satu dua di pusat juga, silakan ditindaklanjuti,” pungkas Benny.
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA