Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

PAN Tegas Bakal Perjuangkan Islam Inklusif dan Toleran

LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 27 Januari 2022, 06:58 WIB
PAN Tegas Bakal Perjuangkan Islam Inklusif dan Toleran
Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan/RMOL
Islam yang inklusif dan toleran jadi poin penting yang akan terus diperjuangkan Partai Amanat Nasional (PAN). Termasuk pula untuk saling menghargai perbedaan yang ada.

"PAN ingin memberi garis tegas bahwa kami adalah partai yang memperjuangkan Islam inklusif, toleran, dan saling menghargai dalam keberagaman," ucap Sekjen PAN, Eddy Soeparno, dalam keterangannya, Kamis (28/1).

Eddy menambahkan, gagasan Islam tengah adalah penegasan platform PAN sebagai partai berbasis Islam moderat, modern, dan tradisional.

Lebih jauh, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI itu menjelaskan bahwa gagasan Islam tengah ini lahir dari keprihatinan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, tentang ancaman radikalisme agama di satu sisi, juga fanatisme kebangsaan di sisi yang lain.

"Karena itu, PAN percaya bahwa Islam tengah adalah jalan terbaik bagi Indonesia sebagai negara demokrasi dengan penduduk mayoritas muslim terbesar di dunia. Ini yang menjadi jalan politik PAN. Politik kebangsaan," papar anggota DPR Dapil Jawa Barat III itu.

Gagasan Islam tengah ini akan digaungkan Zulkifli Hasan melalui pidato kebudayaan. Pidato bertajuk "Indonesia Butuh Islam Tengah" ini akan digelar di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta Pusat, Sabtu (29/1/2022).

"Saya akan sampaikan secara utuh dalam pidato kebudayaan nanti. Mudah-mudahan bermanfaat bagi bangsa dan negara," ucap Zulhas.

Sejumlah pejabat pemerintah, langganan survei kandidat capres 2024, turut diundang dalam acara pidato nanti. Seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Menteri BUMN Erick Thohir dan Ketum ICMI Prof Arief Satria juga direncanakan hadir.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA