Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi: IKN Bukan Sekadar Pindah Gedung Pemerintah, tapi Pindah Mindset

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 29 Januari 2022, 22:34 WIB
Jokowi: IKN Bukan Sekadar Pindah Gedung Pemerintah, tapi Pindah <i>Mindset</i>
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo/Net
rmol news logo Pembangunan Ibukota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur (Kaltim) kembali dibahas oleh Presiden Joko Widodo. Kali ini, Jokowi menekankan soal maksud dari kebijakannya itu.

"Program pembangunan ibukota negara di Kalimantan Timur adalah bagian penting dari transformasi," ujar Jokowi secara virtual dalam acara pengukuhan kepengurusan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) periode 2021-2026 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu (29/1).

Jokowi menuturkan, gagasannya memindahkan ibukota bukan sebatas memindahkan secara fisik bangunan, tapi juga memiliki tujuan transformasi pola pemerintahan di Indonesia.

"Program IKN bukan sekadar pindah gedung pemerintahan, bukan itu. Pindah ibukota adalah pindah cara kerja, pindah mindset dengan berbasis pada ekonomi modern dan membangun kehidupan sosial yang lebih adil dan inklusif," jelas Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menekankan bahwa IKN akan dijadikan sebuah showcase transformasi, baik di bidang lingkungan, cara kerja, basis ekonomi, teknologi, dan lain-lainnya, termasuk di bidang pelayanan kesehatan dan pendidikan yang lebih berkualitas.

"Tata sosial yang lebih majemuk dan toleran yang menjunjung tinggi etika dan akhlak mulia yang juga kita kedepankan," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA