Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Tolak Usul PDIP Ajukan Ahok Pimpin IKN, Direktur P3S: Sodorkan Nama-nama yang Kompeten

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 31 Januari 2022, 14:44 WIB
Tolak Usul PDIP Ajukan Ahok Pimpin IKN, Direktur P3S: Sodorkan Nama-nama yang Kompeten
Basuki Tjahaja Purnama disodorkan PDIP untuk jadi calon Kepala Otorita IKN/Net
Nama yang diusulakan PDI Perjuangan untuk menjadi Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur dinilai tidak tepat oleh Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie.

Menurut Jerry, nama Basuki Tjahja Purnama yang disodorkan PDIP untuk menjadi pimpinan IKN kemungkinan bakal ditolak publik. Sebabnya, track record dari Komisaris Utama PT Pertamina itu kurang baik.

"Bagaimana pimpin IKN, Pertamina saja amburadul. Jadi cari sosok yang paham urban city dan juga seorang teknokrat," ujar Jerry kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (31/1).

Jika PDIP ingin mengusulkan nama calon Kepala Otorita IKN, Jerry menyarankan untuk disodorkan sosok yang lebih kompeten dari kalangan internal atau eksternalnya.

"Contoh ada mantan Menteri PPN/Kepala Bapennas Bambang Brojonegoro. Di PDIP ada nama Hendrawan Soepratikno yang punya kemampuan manajerial yang baik," sebutnya.

Yang lebih masuk akal diterima masyarakat, tambah Jerry, dilakukan uji kompetensi oleh PDIP guna menyaring orang-orang yang pas untuk memimpin IKN.

"Lelang jabatan saja, sodorkan nama-nama yang berkompeten dan libatkan publik lewat jajak pendapat. Bahkan kelompok akademisi atau pakar perlu dilibatkan," demikian Jerry.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA