Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terjadi Kenaikan Harga Makanan dan Tembakau, BPS Catat Inflasi Januari 2022 Sebesar 0,56 Persen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 02 Februari 2022, 13:22 WIB
Terjadi Kenaikan Harga Makanan dan Tembakau, BPS Catat Inflasi Januari 2022 Sebesar 0,56 Persen
Kepala BPS, Margo Yuwono/Repro
rmol news logo Inflasi pada periode Januari 2022 kembali diumumkan Badan Pusat Statistik (BPS). Faktor utama yang menyebabkannya yakni kenaikan harga pada sebagian besar indeks kelompok pengeluaran.

Kepala BPS, Margo Yuwono menerangkan, pada awal Januari tahun ini ada kenaikan harga pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 1,17 persen.

"Tiga komoditas yang memberikan andil inflasi dalam bahan makanan adalah daging ayam ras, ikan segar, dan beras," kata Margo dalam jumpa pers virtual di Kantor BPS, Pasar Baru, Jakarta Pusat, Rabu (2/2).

Selain itu, Margo juga mencatat indeks kelompok pakaian dan alas kaki yang tercatat sebesar 0,43 persen, bahan bakar rumah tangga 0,51 persen, hingga kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,79 persen.

"Selanjutnya kelompok kesehatan sebesar 0,24 persen," imbuhnya.

Di samping itu, BPS juga mencatat kenaikan pada kelompok transportasi sebesar 0,02 persen, rekreasi, olahraga dan budaya 0,41 persen, pendidikan 0,08 persen, penyediaan makanan dan minuman atau restoran 0,36 persen, dan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya 0,62 persen.

Dari indikator-indikator tersebut, Margo menuturkan, bahwa inflasi pada Januari 2022 sebesar 0,56 persen dibanding bulan sebelumnya (month to month), dan 2,18 persen dibanding Januari 2021 (year on year).

"Perkembangan harga secara umum menunjukkan adanya kenaikan. Dari 90 kota, terdapat 85 kota yang mengalami inflasi, dan 5 yang mengalami deflasi," demikian Margo. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA