Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lima Tahun Dibangun, Akhirnya Jalan Bypass Balige Diresmikan Jokowi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 02 Februari 2022, 14:36 WIB
Lima Tahun Dibangun, Akhirnya Jalan Bypass Balige Diresmikan Jokowi
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo meresmikan Jalan Bypass Balige di Kabupaten Toba, Sumatera Utara/Net
rmol news logo Pembangunan Jalan Bypass Balige di Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut) akhirnya diresmikan Presiden Joko Widodo pada Rabu (2/2).

Jokowi meresmikan Jalan Bypass Balige ini dengan didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi, dan Bupati Toba Poltak Sitorus.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Hedy Rahadian menerangkan, Jalan Bypass Balige dibangun secara bertahap dengan memakan waktu sejak periode awal Presiden Jokowi memimpin.

"Sejak lima tahun yang lalu dan menelan biaya Rp 176 miliar. Jalan tersebut dibangun untuk mencegah terjadinya kemacetan yang terjadi di Kota Balige dan sekitarnya," ujar Hedy dalam keterangan virtualnya yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (2/2).

Hedy mengatakan, Jalan Bypass Balige memiliki karakteristik lingkar bypass, sehingga traffic-traffic yang sifatnya go through tidak akan ke Balige tapi bisa melalui jalan lingkar ini.

Selain itu, jalan sepanjang 9,8 km tersebut juga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dengan meningkatnya kelancaran transportasi serta aksesibilitas bagi kawasan-kawasan di sekitar Kota Balige.

Nantinya, manfaat jalan ini akan dirasakan oleh masyarakat sekitar antara lain Rohana Simanjuntak, yang juga pengguna Jalan Bypass Balige, dan bisa mempersingkat waktu tempuh bagi masyarakat sekitar.

"Ini akan memperbaiki, meningkatkan aksesibilitas untuk kawasan-kawasan di sekitar Balige. Jadi ini juga akan membentuk ruang pengembangan Kota Balige ke depan," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA