Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Kunker Jokowi di Toba Picu Kerumunan, Pengamat: Rakyat Itu Perlu Contoh yang Baik

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 04 Februari 2022, 18:02 WIB
Kunker Jokowi di Toba Picu Kerumunan, Pengamat: Rakyat Itu Perlu Contoh yang Baik
Kerumunan yang terjadi saat kunjungan kerja Presiden Jokowi di Toba, Sumatera Utara/Net
Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Danau Toba, Sumatera Utara, sempat menimbulkan kerumunan yang cukup parah. Dikhawatirkan, kerumunan yang terjadi saat pembagian kaso oleh presiden itu menjadi menyumbang penyebaran virus Omicron.

Insiden kerumunan saat Jokowi kunker ke Toba itu pun banyak dikritisi masyarakat.

Salah satunya pengamat politik Ujang Komarudin yang menilai peristiwa kerumunan kedatangan Jokowi ini terus berulang. Ironisnya, meski bukan kali pertama terjadi, tapi tidak mampu diantisipasi oleh pemerintah daerah.

"Mestinya Jokowi memerintahkan pihat satgas atau pemprov, pemkab, untuk mengantisipasi kerumunan. Mestinya kerumunam itu tak terjadi di saat kunjungan presiden dimanapun, termasuk di Toba,” tegas Ujang kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (4/2).

Ujang menambahkan, selama ini Presiden Jokowi telah menekan masyarakat untuk taat terhadap protokol kesehatan. Namun nyatanya, saat ini Jokowi malah mengundang kerumunan masyarakat.

"Selama ini presiden mengimbau rakyatnya, rakyat Indonesia, untuk mematuhi protokol kesehatan. Nah jika kunjungan presiden sendiri mengundang kerumunan, maka nanti rakyat tak akan patuh pada imbauan presiden," tuturnya.

"Karena rakyat itu perlu contoh yang baik dari elite-elitenya,” tutup Ujang.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA