Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Suarakan Putra Kalimantan Pimpin Otorita IKN, Ini Nama yang Diusulkan KNPI Balikpapan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 07 Februari 2022, 01:13 WIB
Suarakan Putra Kalimantan Pimpin Otorita IKN, Ini Nama yang Diusulkan KNPI Balikpapan
Desain IKN yang akan dibangun di Penajam Paser Utara/Net
rmol news logo Namanama yang dianggap layak menjadi Kepala Badan Otoritas Ibu Kota Negara (IKN) terus dimunculkan oleh sejumlah elemen masyarakat.

Terbaru, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Balikpapan meminta Presiden Joko Widodo untuk menunjuk dan menjadikan putra dan putri terbaik Kalimantan Timur sebagai Kepala Otoritas IKN Nusantara.

Permintaan itu disampaikan saat menyampaikan sikap dukungan terhadap pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Dukungan itu disampaikan bersama pimpinan dan seluruh pengurus DPD KNPI Kota Balikpapan di Kantor DPD KNPI Balikpapan, Minggu (6/2).

“Kami mendukung pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur, dan meminta kepada Presiden Jokowi untuk menjadikan putra putri Kalimantan Timur sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara nantinya,” demikian pernyataan tersebut seperti diberitakan Kantor Berita RMOLJakarta.

Mengenai siapa nama-nama tokoh Kalimantan Timur yang dinilai layak dan mampu untuk menjadi Kepala Otoritas IKN Nusantara, Ketua DPD KNPI Andrie Afrizal menyebut beberapa nama, diantaranya Syahrie Jaang dan Irianto Lambrie.

Syaharie Jaang adalah Ketua Persekutuan Dayak Kalimantan Timur dan pernah menjadi Wali Kota Samarinda periode 2010–2015 dan 2016–2021.

Sedangkan Irianto Lambrie adalah Gubernur Kalimantan Utara yang menjabat sejak 12 Februari 2016.

Sebelumnya, Irianto pernah menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kalimantan Timur dan Penjabat Gubernur Kalimantan Utara. Irianto juga merupakan Ketua Umum Kerukunan Bubuhan Banjar Kalimantan Timur (KBBKT).

Dua nama lain yang disebut Andrie adalah tokoh pemuda Kalimantan Timur, yaitu Dayang Dona Faroek dan Aringga Gleen Nirwan.

Andrie mendorong Presiden Jokowi memberikan kesempatan kepada putra putri Kalimantan Timur, karena cukup banyak putra daerah yang memiliki kemampuan mumpuni sekaligus sebagai negarawan untuk memimpin Otoritas IKN Nusantara.

“Kami mengusulkan kepada pemerintah untuk melaksanakan pemilihan Ketua Otorita IKN Nusantara secara demokratis. Artinya, ayo kita lakukan pemilihan secara langsung,” demikian Andrie. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA