Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pendaftaran Dibuka Besok, Pansel Ajak Masyarakat Pelototi Calon Anggota Komnas HAM


 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 07 Februari 2022, 16:22 WIB
Pendaftaran Dibuka Besok, Pansel Ajak Masyarakat Pelototi Calon Anggota Komnas HAM

Jumpa pers Pansel Komnas HAM/Net
rmol news logo Seluruh lapisan masyarakat diharapkan turut mengawal seleksi calon anggota Komnas HAM RI yang akan menjabat untuk lima tahun mendatang.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Meskipun, pemilihan calon anggota Komnas HAM RI ini dilakukan dengan parameter khusus, dalam hal ini terkait kapasitas integritas dan pengalaman di bidang Hak Asasi Manusia.

"Kami mengharapkan seluruh masyarakat dapat berpartisipasi secara aktif untuk memberikan masukan dan informasi sebagai bagian dari penelusuran rekam jejak para anggota," kata Ketua Pansel Komnasham Prof Makarim Wibisono saat jumpa pers secara virtual, pada Senin (7/2).

Selain itu, Makarim juga mengharapkan peran serta para jurnalis dalam mengawal proses seleksi calon anggota Komnas HAM RI agar tetap mengedepankan transparansi dan akuntabilitas.

Pendaftaran calon anggota Komnas HAM RI sendiri secara resmi akan dibuka mulai Selasa 8 Februari besok, hingga 8 Maret 2022.

Adapun, mengenai mekanisme pendaftaran telah disepakati Tim Pansel Komnas HAM melalui dua cara yaitu secara online dengan menggugah seluruh berkas persyaratan melalui portal www.komnasham.go.id/seleksianggota, lalu wajib mengirimkan dokumen fisik atau hardcopy via pos ke panitia seleksi calon anggota Komnas HAM dengan alamat kantor Komnas HAM RI Jakarta.

Terdapat enam tahapan yang akan dilalui para pendaftar, yakni seleksi administrasi, tes tertulis objektif dan penulisan makalah, dialog publik, psikologi, tes kesehatan, dan wawancara.

Makarim menambahkan bahwa terkait waktu pelaksanaan tahapan tes tersebut akan berlangsung selama Februari sampai Agustus Tahun 2022, tepat sebelum berakhirnya masa jabatan anggota Komnas HAM RI periode 2017-2022 yang akan berakhir pada November 2022.

Kepada para calon anggota Komnas HAM yang akan mendaftar digarap memiliki visi dan misi mengembangkan kelembagaan Komnas HAM yang strategis dan visioner. Lalu, punya kemampuan dalam maksimalkan kewenangan penyelidikan projustisia dan membuat terobosan untuk mendorong penyelesaian kasus pelanggaran HAM yang berat masa lalu.

Kemudian, memiliki kemampuan dalam membangun relasi dan kerjasama yang baik sebagai upaya kemajuan hak asasi manusia.

"Demikian informasi ini kami sampaikan terima kasih atas perhatian dan dukungannya," demikian Makarim.

Jumpa pers virtual tersebut juga dihadiri oleh anggota Pansel Komnas HAM RI antara lain Prof Dr Azyumardi Azra, Prof Harkristuti Harkisnowo, Prof Kamala Chandrakirana (Wakil Ketua Pansel), dan Dr HC Marzuki Darisman. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA