Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Puan Maharani: Demokrasi Tingkatkan Akses Terhadap Kesehatan dan Pendidikan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 07 Februari 2022, 20:58 WIB
Puan Maharani: Demokrasi Tingkatkan Akses Terhadap Kesehatan dan Pendidikan
Ketua DPR RI Puan Maharani/Net
rmol news logo Pada era pandemi Covid-19, sejumlah negara besar di dunia menghadapi tantangan besar baik dari aspek ekonomi, sosial dan politik. Untuk menghadapi berbagai tantangan tersebut memerlukan adanya resiliensi demokrasi. Resiliensi demokrasi, berarti adanya proses pengambilan keputusan yang inklusif, partisipatif, demi menjamin keterwakilan suara rakyat.

Begitu yang dikatakan Ketua DPR RI Puan Maharani dalam forum parlemen MIKTA tahun 2022 yang dilaksanakan secara virtual dipimpin oleh Presiden Senat Australia, Senin (7/2).

“Resiliensi demokrasi juga berarti democracy delivers. Proses demokrasi  berkontribusi mengatasi kemiskinan dan ketimpangan. Proses demokrasi berkontribusi meningkatkan akses terhadap kesehatan dan pendidikan,” kata Puan.

Menurutnya, pandemi tidak boleh menggoyahkan komitmen terhadap demokrasi. Dalam kaitan ini, proses demokrasi harus dapat mendukung upaya penanganan pandemi.

"Proses demokrasi yang penuh dinamika perlu dilakukan sambil menjaga stabilitas dan efektifitas pelaksanaan program pemulihan,” imbuhnya.

Karena, kata Puan, masa pandemi dan situasi dunia yang penuh ketidakpastian, Parlemen dinilai memiliki peran penting untuk menjaga proses demokrasi. Dan dalam menghadapi situasi dunia yang semakin kompleks, disebut Puan, Parlemen tidak cukup hanya menangani masalah domestik.

“Parlemen diharapkan untuk cepat tanggap di masa pandemi. Menghasilkan kerangka legislasi dan governance dalam mengatasi keadaan darurat secara  transparan. Memperkuat fungsi pengawasan termasuk check and balance untuk menjamin proses pemulihan yang akuntabel,” katanya.

“Menyusun anggaran negara guna membiayai program pemulihan ekonomi dan kesehatan. Di Indonesia, berbagai terobosan terus dilakukan untuk memastikan DPR RI tetap produktif pada masa pandemi,” demikian Puan.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA