Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

HPN 2022 Jadi Momentum Pers Pulihkan Ruang Publik yang Keruh oleh Hoax

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Selasa, 08 Februari 2022, 09:59 WIB
HPN 2022 Jadi Momentum Pers Pulihkan Ruang Publik yang Keruh oleh Hoax
Wakil ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) Sultan B. Najamudin/Net
rmol news logo Pers harus mampu mampu jadi peneduh dan oase demokrasi Indonesia di tengah panasnya konfrontasi politik nasional menjelang Pemilu 2024 nanti.

Harapa ini disampaikan Wakil ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) Sultan B. Najamudin jelang Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 yang puncaknya digelar besok (9/2) di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Sultan mengurai bahwa polarisasi sosial politik yang kian terasa saat ini adalah potensi awal dari konflik horizontal jika tidak dikelola secara bijak. Sementara pers memiliki tanggung jawab menjaga kondusivitas politik dan kohesi sosial bangsa di saat krusial menjelang pertarungan politik 2024.

Sebagai salah satu pilar demokrasi, lanjut Sultan, kinerja pers sangat mempengaruhi kualitas politik dan demokrasi nasional. Sehingga independensi pers adalah harapan sekaligus ancaman yang paling menentukan bagi masa depan demokrasi Indonesia.

"Pers harus konsisten sebagai membangun tradisi jurnalistik yang berintegritas dalam posisinya sebagai rujukan utama publik yang aktual dan mencerdaskan di tengah distrupsi digital,” tegasnya.

Meskipun tak bisa dipungkiri bahwa fenomena sosial media di jagat digital sedikit banyak mempengaruhi pola pemberitaan media dan pers saat ini. Pers diharapkan mampu memverifikasi kebenaran segala jenis dan motif pemberitaan yang berseliweran di media sosial.

"Ini adalah momentum bagi pers dalam memastikan keberadaanya selalu dan senantiasa dinantikan publik dalam memulihkan kembali ruang publik yang keruh oleh hoax dan pencemaran digital lainnya,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA