Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Laporan Audit Proyek KCJB dalam Tahap Finalisasi, BPKP Amati Sebab Pembengkakan Biaya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 08 Februari 2022, 17:13 WIB
Laporan Audit Proyek KCJB dalam Tahap Finalisasi, BPKP Amati Sebab Pembengkakan Biaya
Ilustrasi
rmol news logo Proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang mengalami pembengkakan biaya tengah diaudit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Direktur Pengawasan Badan Usaha Konektivitas, Pariwisata, Kawasan Industri dan Perumahan BPKP, Ariyanto Wibowo menerangkan, pihaknya kini sudah masuk tahap akhir audit.

"BPKP mengamati initial budget dan usulan budget terbaru dari KCIC yang menyebabkan adanya cost overrun," ujar Ariyanto kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (8/2).

Ariyanto memaparkan, BPKP mengaudit internal review korporasi pelaksana KCJB, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), terhadap pembengkakan biaya proyek.

Sebab dalam proyeksi KCIC, pembengkakan bisa yang harus dicairkan mencapai 1,675 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 23 triliun, dari sebelumnya 2 miliar dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 27 triliun.

"Apakah (pembengkakan biaya itu) telah didukung dengan perhitungan yang benar dan sesuai peraturan yang berlaku," kata Ariyanto.

Maka dari itu, Ariyanto memastikan audit akan dilakukan dengan memperhatikan ketentuan yang ada. Untuk hasilnya, akan diserahkan langsung kepada Menteri BUMN, Erick Thohir.

"Saat ini sedang dalam tahap finalisasi penyusunan laporan. Dan dalam waktu dekat akan disampaikan kepada pemerintah," demikian Ariyanto. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA