Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Jokowi Minta Pers Dukung Transformasi Struktural Pemerintah untuk Mengentaskan Kemiskinan

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 09 Februari 2022, 15:05 WIB
Jokowi Minta Pers Dukung Transformasi Struktural Pemerintah untuk Mengentaskan Kemiskinan
Presiden Joko Widodo dalam Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022/Repro
Sejumlah transformasi struktural yang tengah digiatkan pemerintah, diminta Presiden Joko Widodo, bisa didukung secara aktif oleh dunia pers di Indonesia.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022 yang diselenggarakan di Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu pagi (9/2).

Menurut Jokowi, pers Indonesia merupakan kendaraan kemajuan bangsa, untuk tercipta perubahan di semua sektor kehidupan masyarakat nasional.

"Serta menjadikan masyarakat dan bangsa percaya diri untuk mewujudkan Indonesia maju," kata Jokowi secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Jokowi menuturkan, pemerintah saat ini terus bekerja keras untuk mengawal beberapa transformasi struktural agar Indonesia semakin kompetitif untuk menghadapi era hiperkompetisi.

"Transformasi itu dibutuhkan untuk meningkatkan kesempatan kerja yang seluas-luasnya dan peningkatan nilai tambah, ini sangat penting sehingga memberikan dampak signifikan pada angka kemiskinan, ketimpangan, dan menyerap pengangguran yang ada," ujarnya.

Selain itu, lanjut mantan Gubernur DKI Jakarta ini, pemerintah melakukan investasi sebesar-besarnya untuk pembangunan sumber daya manusia (SDM) mulai dari perbaikan layanan kesehatan, penurunan angka stunting, reformasi pendidikan yang tersambung dengan kebutuhan industri, dan revitalisasi pelatihan vokasional yang memberikan upskilling dan reskilling tenaga kerja agar lebih produktif dan kompetitif.

"Pers Indonesia adalah lokomotif kemajuan bangsa, menjadi inspirasi lompatan-lompatan kemajuan, menjadi simpul perubahan di semua sektor kehidupan kita, serta menjadikan masyarakat dan bangsa percaya diri untuk mewujudkan Indonesia maju," tandas Jokowi.

ARTIKEL LAINNYA