Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Elite Perlu Merancang Masa Depan, Keliru kalau Demokrasi Tumbuh hanya dengan Pemilu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 09 Februari 2022, 17:36 WIB
Elite Perlu Merancang Masa Depan, Keliru kalau Demokrasi Tumbuh hanya dengan Pemilu
Wakil Ketua Umum Partai Gelora, Fahri Hamzah/Net
rmol news logo Penyelenggaraan pemilihan umum secara langsung tidak menjadi jaminan bahwa demokrasi benar-benar tumbuh dan dijalankan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dikatakan Wakil Ketua Umum Partai Gelora, Fahri Hamzah, persepsi bahwa keberadaan pemilu sebagai wujud tumbuhnya nilai demokrasi itu salah.

"Itu keliru sekali, karena sejarah enggak ngomong itu,” kata Fahri dalam acara Gelora Talk bertema" Pemilu 2024: Daulat Parpol Vs Daulat Rakyat, Membedah Survei Nasional" yang digelar secara virtual, Rabu (9/2).

Fahri mengatakan, masa depan demokrasi perlu dirancang lebih baik agar pada kontestasi Pemilu 2024 mendatang, demokrasi di Indonesia tumbuh dengan baik.

“Apakah kita perlu mendesain sesuatu bagi masa depan kita tahun 2024 nanti? Apakah kita sudah tidak berdaya untuk mendesain sesuatu yang mengeluarkan kita dari persoalan ini?” tanyanya.

Agar demokrasi tumbuh dengan baik, maka partai politik perlu melakukan perubahan.

"Karena itulah, ayo kita pikirkan baik-baik (Pemilu) 2024 ini. Kalau tidak ada yang berubah, kita cemas dengan situasi yang akan datang," sambung mantan Wakil Ketua DPR RI ini.

Selain itu, mantan aktivis mahasiswa ini menekankan, reformasi yang dilakukan 24 tahun silam harus dijadikan bahan perenungan agar para elite bangsa tidak gagal membangun sistem demokrasi di Indonesia.

“Reformasi itu juga semacam revolusi. Kita enggak mau revolusi terus-menerus hanya karena para elite bangsa gagal mengatur prosedur demokrasi dengan baik," pungkas Fahri Hamzah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA