Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gejolak Desa Wadas Membuka Luka Lama Peristiwa Kedungombo Era Soeharto

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 10 Februari 2022, 08:17 WIB
Gejolak Desa Wadas Membuka Luka Lama Peristiwa Kedungombo Era Soeharto
Pengerahan aparat hukum mengamankan warga Desa Wadas yang menolak pembangunan Bendungan Bener/Repro
rmol news logo Peristiwa yang terjadi di Desa Wadas, Purworejo mengingatkan publik pada orde baru di era kepemimpinan Presiden Soeharto.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Penolakan warga hingga dugaan aksi represif dari aparat yang terjadi di Desa Wadas mirip dengan kasus Kedungombo, Jawa Tengah 1980 sampai dengan 1991 silam.

"Ini kayak mengulang cara-cara aparatur keamanan dalam menangani pembangunan Waduk Kedungombo zaman orde baru dulu," kata Wakil Ketua Umum PPP, Arsul Sani kepada wartawan, Rabu (9/2).

Proyek Waduk Kedungombo garapan Soeharto memaksa 37 desa, 7 kecamatan di tiga kabupaten ditenggelamkan. Masyarakat pun dipaksa untuk pindah. Yang menolak mengalami teror, intimidasi, dan kekerasan fisik.

Dalam kasus Desa Wadas, anggota Komisi III DPR RI ini mempertanyakan urgensi pengerahan aparat hingga melakukan penangkapan para warga.

"Memangnya ada ancaman terorisme sehingga sampai perlu dikerahkan ratusan aparatur?" kritiknya.

Jika memang harus melibatkan aparat, kata dia, merekankan pendekatan restoratif. Aparat dan pemerintah setempat bisa melakukan pertemuan bersama warga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Warga diajak berdialog dari hati ke hati, setelah mereka bisa menerima maka pengukuran pun dilakukan tanpa perlu pengerahan," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA