Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menko Airlangga: Transformasi Digital Kartu Prakerja Permudah Layanan dalam Genggaman Tangan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 10 Februari 2022, 11:49 WIB
Menko Airlangga: Transformasi Digital Kartu Prakerja Permudah Layanan dalam Genggaman Tangan
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto/Ist
rmol news logo Program Kartu Prakerja terbukti mampu menjadi salah satu penyokong masyarakat di masa pandemi. Para penerima program mendapat pelatihan dan insentif sebagai bagian perlindungan sosial.
“Program Kartu Prakerja bentuk inovasi pelayanan publik untuk menyalurkan bantuan program secara masif kepada seluruh masyarakat Indonesia. Program ini diterapkan sistem end to end digital dan menggunakan teknologi berbasis cloud,” jelas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dikutip dari laman Kemenko Perekonomian, Kamis (10/2).

Program Kartu Prakerja juga telah mendorong ekosistem kemitraan secara digital yang bersifat terbuka. Saat ini, ekosistem Kartu Prakerja terdapat 180 lembaga pelatihan dan telah dinikmati 11,4 juta penerima, termasuk purna pekerja migran.

Selain itu, program tersebut juga mendapat apresiasi dari Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia. Dengan program tersebut, para purna pekerja migran bisa kembali masuk berkat pelatihan dan semi bansos.

"Hal ini merupakan sebuah terobosan,” kata Menko Airlangga.

Menko Airlangga juga menuturkan, terdapat lesson-learned yang bisa dijadikan pelajaran bagi Indonesia untuk terus tumbuh ke depannya. Pertama, Kartu Prakerja menjadi langkah nyata pemerintah bertransformasi dalam melayani publik dengan memanfaatkan teknologi digital.

“Pemerintah memberikan layanan publik Kartu Prakerja kepada masyarakat melalui genggaman tangan, sehingga masyarakat tidak perlu secara fisik datang untuk mendapatkan pelayanan,” ungkap Menko Airlangga.

Kedua, Program Kartu Prakerja menjadi wujud kemitraan pemerintah dan swasta atau Public-Private Partnership untuk mendukung pengembangan program pemerintah, sehingga menimbulkan dampak positif yang lebih masif.

“Kartu Prakerja ini termasuk Top Ten googling di Indonesia sehingga ini awareness-nya menjadi sangat tinggi,” ujar Menko Airlangga.

Pemerintah menyadari inovasi membutuhkan ruang, kesempatan, dan regulasi yang terus mendukung perkembangannya. Oleh karenanya, Program Kartu Prakerja mendorong sektor education technology dan learning management system yang memunculkan berbagai inovasi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA