On The Road of Devoted Service for the People
On The Road of Devoted Service for the People
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Bertemu Menhan Prancis, Jokowi Ingin Kerja Sama Lebih dari Jual Beli Alutsista

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 10 Februari 2022, 15:47 WIB
Bertemu Menhan Prancis, Jokowi Ingin Kerja Sama Lebih dari Jual Beli Alutsista
Presiden Joko Widodo bertemu Menteri Pertahanan Prancis, Florence Parly/Net
Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Menteri Angkatan Bersenjata Prancis, Florence Parly di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (10/2).

Florence yang datang bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto membicarakan penandatanganan beberapa nota kesepahaman atau MoU kerja sama pertahanan pemerintah Indonesia dengan Prancis.

Dalam pertemuan itu, Jokowi menyampaikan keinginannya agar kerja sama kedua negara tak hanya sebatas pembelian alutsista.

"Saya harap kerja sama pertahanan tidak hanya terfokus pada pembelian alutsista, namun juga memikirkan pengembangan dan produksi bersama, alih teknologi, serta investasi di bidang industri pertahanan," ujar Jokowi dikutip melalui laman Sekretariat Kabinet.

Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga berharap negosiasi perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif atau Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) antara Indonesia dengan Uni Eropa dapat mengalami kemajuan di bawah Presidensi Prancis di Uni Eropa.

Di saat yang sama, Presiden meminta dukungan Prancis terhadap Presidensi G20 Indonesia.

"Indonesia mengharapkan dukungan Prancis terhadap presidensi Indonesia di G20, terutama mengenai kerja sama konkret yang dapat dihasilkan dari kerja G20," demikian Jokowi.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA