Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Politisi PDIP Minta Pemerintah Jamin Stok Kedelai Aman, Bila Perlu Impor

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Sabtu, 12 Februari 2022, 15:24 WIB
Politisi PDIP Minta Pemerintah Jamin Stok Kedelai Aman, Bila Perlu Impor
Anggota Komisi VI DPR RI, Darmadi Durianto/Net
rmol news logo Langkah antisipatif perlu dilakukan pemerintah menyikapi kemungkinan menipisnya stok kedelai dalam beberapa bulan ke depan.

Politisi PDI Perjuangan, Darmadi Durianto menyarankan, salah satu yang bisa dilakukan pemerintah adalah dengan impor kedelai.

"Tingkatkan stok, jangan sampai (kedelai) langka. Impor bisa dipikirkan dengan perhitungan cermat menggunakan neraca komoditas kedelai agar stok kedelai terjaga," kata Darmadi kepada wartawan, Sabtu (12/2).

Selain impor, pemerintah mesti menyiapkan langkah lainnya jika harga kedelai tak terkendali. Misalnya, kata Darmadi, dengan memberi subsidi harga kedelai dengan menggunakan dana cadangan stabilisasi harga pangan (CSHP).

Skema subsidi dengan CSHP perlu dilakukan untuk menjaga stabilitas harga dan menghindari potensi adanya inflasi. Untik itu, rakortas perlu cepat dillakukan untuk menyiapkan subsidi lewat CDHP," lanjut anggota Komisi VI DPR RI ini.

Yang jelas, ia menekankan agar stok kedelai di Indonesia jangan sampai kekurangan. Sebab diakuinya, ada sekitar 180 ribu pengrajin tahu tempe di Indonesia yang bergantung nasibnya terhadap usahanya.

"Per tahun kebutuhan kedelai kita sampai 3 juta ton. Ini angka yang cukup besar. Pemerintah harus siapkan cara memenuhinya agar harapan ke depan tidak bergantung negara lain," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA